Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Mudik, ASDP Catat 50 Kapal Beroperasi Layani 164.305 Penumpang

Kompas.com - 21/04/2023, 15:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengoperasikan sebanyak 50 unit kapal untuk melayani penyeberangan selama periode puncak mudik Lebaran 2023, yakni 19 April 2023 (pukul 08.00 WIB) hingga 20 April 2023 (pukul 08.00 WIB) atau H-3 Lebaran.

Kapal-kapal tersebut melayani penyeberangan pemudik dari Jawa ke Sumatera, maupun sebaliknya dari Sumatera ke Jawa.

Mengutip keterangan resmi ASDP, Jumat (21/4/2023), total penumpang yang melakukan penyeberangan dari Jawa ke Sumatera mencapai 164.305 orang. Realiasi penumpang kapal itu naik 5 persen persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 155.812 orang.

Sedangkan untuk kendaraan yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera sebanyak 39.129 unit, naik 4 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu yang sebanyak 37.692 unit.

Baca juga: Lion Air Tawarkan Promo Arus Balik Lebaran, Simak Rute dan Harganya

Jumlah kendaraan itu mencakup roda dua sebanyak 18.753 unit, atau naik 1 persen persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 18.540 unit.

Lalu kendaraan roda empat sebanyak 18.542 unit, atau naik 6 persen persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 17.452 unit.

Kemudian truk logistik sebanyak 1.024 unit atau naik 10 persen dibandingkan realisasi periode yang sama di tahun lalu sebanyak 933 unit.

"Tren arus mudik dari Pulau Jawa menuju Sumatera masih cenderung ramai dan alami peningkatan sejak Rabu hingga Kamis yang diperkirakan menjadi puncak arus mudik tahun ini," ujar Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi.

Sementara itu, realiasi jumlah penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa pada H-3 mencapai 55.984 orang, atau naik 9 persen persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 51.234 orang.

Sedangkan untuk kendaraan yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mencapai 9.328 unit, atau naik 3 persen persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 9.037 unit.

Jumlah kendaraan itu mencakup kendaraan roda empat sebanyak 7.096 unit atau naik 7 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 6.653 unit.

Baca juga: Puncak Mudik Lebaran 2023, AP I Layani 238.111 Penumpang

Kemudian truk logistik sebanyak 939 unit atau turun 27 persen dibandingkan realisasi periode yang sama di tahun lalu sebanyak 1.295 unit.

Lebih lanjut, Ira mengapresiasi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik lebih awal, dan telah bertiket ketika tiba di Pelabuhan. Sebab, apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan.

"Kami mohon kerja sama dan perhatiannya kepada pengguna jasa untuk tetap mengikuti aturan agar menyeberang sesuai dengan tanggal dan waktu yang tertera di tiket," ungkapnya.

Masyarakat yang ingin menyeberang diminta untuk mengatur waktu di hari H keberangkatan agar tidak terlambat dengan melakukan check in dua jam sebelumnya. Tiket pun akan hangus atau tidak berlaku jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan.

Demi kenyamanan, para pemudik dimohon agar tidak membeli tiket di calo. Selain online, pemudik dapat membeli tiket di gerai retail seperti Alfamart, Indomaret, Agen BRILink, dan lainnya.

Pembayaran tiketnya pun dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya.

Baca juga: Antisipasi Macet Mudik Lebaran, Tol Jakarta-Cikampek Bertambah Jadi 4 Lajur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com