Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara AP II Tembus 2 Juta Orang

Kompas.com - 21/04/2023, 19:10 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan, pergerakan penumpang pesawat di seluruh bandara yang dikelola perseroannya pada H-10 sampai H-2 Lebaran 2023 (12-20 April 2023) secara kumulatif menembus 2 juta penumpang.

Awaluddin mengatakan, berdasarkan data Posko Angkutan Lebaran 2023 AP II, pergerakan penumpang pesawat pada H-10 sampai H-2 di 20 bandara AP II tercatat 2,06 juta penumpang atau meningkat sekitar 26 persen dibandingkan dengan periode sama di tahun 2022 sebanyak 1,63 juta penumpang.

"Lebih dari itu, kenaikan jumlah penumpang cukup signifikan ini mampu dikelola dengan baik oleh AP II dan para stakeholder sehingga arus mudik berjalan dengan lancar. Kami berterima kasih kepada seluruh personel bandara, baik itu personel AP II maupun dari institusi lainnya yang telah bekerja keras memastikan pemudik dapat kembali ke kampung halaman dengan nyaman melalui bandara-bandara AP II,” kata Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis, Jumat (21/4/2023).

Baca juga: Sejak H-10 Lebaran, Sudah 362.000 Pemudik Tinggalkan Jakarta via Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Awaluddin mengatakan, untuk pergerakan pesawat tercatat 15.840 penerbangan atau naik 17 persen.

Ia mengatakan, jumlah penumpang pesawat mencapai 2 juta penumpang hanya dalam 8 hari merupakan tren yang sangat positif.

Menurut Awaluddin, tingginya jumlah penumpang ini tidak lepas dari kesiapan AP II dan stakeholder dalam mengantisipasi periode Angkutan Lebaran 2023.

“Kami sudah memproyeksikan bahwa lalu lintas penerbangan pada Angkutan Lebaran 2023 akan tinggi dan hampir menyamai Angleb 2019 saat kondisi belum ada pandemi. Sejalan dengan itu, kami menyiapkan rencana operasi guna memastikan untuk dapat mengakomodir tumbuhnya permintaan," ujarnya.

Awaluddin memastikan, ketersediaan slot time penerbangan untuk mengakomodir permintaan penumpang serta mendukung operasional penerbangan tambahan (extra flight) dari maskapai.

Baca juga: H-1 Lebaran, Lalu Lintas di Tol Cipali Diprediksi Akan Lebih Landai

Di samping itu, ia menilai, kebijakan pemerintah terkait cuti bersama juga mendukung kelancaran arus mudik di bandara AP II.

“Arus mudik berjalan lancar di bandara AP II. Selain karena kesiapan yang telah dilakukan AP II, kelancaran arus mudik juga tidak lepas dari kebijakan pemerintah menambah cuti bersama untuk memecah konsentrasi keberangkatan pemudik,” tuturnya.

Bandara Soekarno-Hatta tersibuk

Awaluddin mengatakan, sepanjang H-10 hingga H-2 di periode Angkutan Mudik Lebaran 2023, bandara AP II paling sibuk melayani pemudik adalah Bandara Soekarno-Hatta.

Ia mengatakan, pada periode itu, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta tercatat 1,24 juta penumpang atau naik 19 persen dibandingkan dengan periode yang sama di Angleb 2022.

"Sementara itu, jumlah penerbangan meningkat 5 persen dari 8.547 penerbangan menjadi 8.975 penerbangan," kata dia.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana menuturkan, pada peak season Angkutan Lebaran 2023, Bandara Soekarno-Hatta menggelar berbagai event dan kegiatan di Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 sebagai upaya memberikan pelayanan lebih kepada para pemudik.

“Sepanjang periode Angleb, Bandara Soekarno-Hatta menggelar bazaar dan menampilkan berbagai kesenian seperti musik gambus, rampag bedug, tari sufi dan banyak lagi lainnya. Kami berharap dengan berbagai event dan kegiatan ini para pemudik dapat terhibur di tengah peak season Angleb 2023,” ujar Dwi Ananda Wicaksana.

Adapun lima bandara AP II tersibuk selama arus mudik H-10 sampai H-2 adalah Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru) dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Baca juga: H-2 Lebaran, Lebih dari 768.000 Pemudik Lewati Pelabuhan Pelindo

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com