Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krakatau Park, Alternatif Wisata Warga Lampung Selatan di Hari Lebaran

Kompas.com - 24/04/2023, 21:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Krakatau Park yang berada di lingkungan Bakauheni Harbour City telah dikunjungi 1.100 orang pada hari pertama saat Lebaran 2023.

Sementara, pada hari kedua Lebaran, tercatat sebanyak 2.540 orang telah memadati taman bermain baru di Bakauheni tersebut.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, taman rekreasi yang dikelola oleh Jatim Park ini telah soft launching pada April.

Dengan begitu, obyek wisata ini dapat menjadi destinasi baru bagi pemudik dari pulau Sumatera menuju Pulau Jawa ataupun sebaliknya, khususnya di tengah momen libur Lebaran 2023.

Baca juga: Hingga Hari H Lebaran, ASDP Catat 920.054 Orang Menyeberang dari Jawa ke Sumatera

"Momentum libur Hari Raya Idul Fitri ini sangat tepat, dimana pemudik dapat membawa anak-anak dan sanak saudara untuk berwisata sejenak di Krakatau Park. Saat ini sudah beroperasi 22 wahana permainan dari total 26 wahana yang dapat dinikmati seluruh keluarga," kata Shelvy dalam keterangan resmi, Senin (24/4/2023).

Ia menambahkan, selama periode promo di April ini, Harga Tiket Masuk (HTM) yang berlaku untuk pembelian on the spot secara tunai sebesar Rp 100.000 dan pembelian secara cashless sebesar Rp 90.000.

"Dengan besaran HTM tersebut, masyarakat dapat menikmati seluruh wahana permainan yang telah beroperasi di Krakatau Park," imbuh dia.

Baca juga: Puncak Arus Mudik, ASDP Catat 50 Kapal Beroperasi Layani 164.305 Penumpang

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengecek kesiapan Krakatau Park yang sudah mulai beroperasi menyambut libur Lebaran 2023 tersebut.

Erick menilai, pembukaan Krakatau Park di momen Lebaran ini menambah wahana kreasi yang jadi destinasi pilihan masyarakat.

"Provinsi Lampung dengan kehadiran Krakatau Park sebagai pintu gerbang masuk Sumatera tidak hanya berpotensi menarik antusiasme wisatawan, tetapi juga para investor dalam mengembangkan proyek ini menjadi lebih besar lagi. Apalagi, Krakatau Park memiliki letak geografis yang strategis," ungkap dia.

Sebagai informasi, Proyek Krakatau Park merupakan proyek kerja sama ASDP dengan Jatim Park Group.

Krakatau Park menjadi destinasi wisata berkonsep tempat bermain (theme park) dengan wahana yang melengkapinya antara lain ferrys wheels, taman bunga, gallery Krakatau, wahana air, 4D cinema, ghost house, bumper car, air bike, tornado, giant slide, airbon shoot, animal coaster, rodeo, dan dark side Krakatau.

Secara keseluruhan, pengembangan proyek Bakauheni Harbour City (BHC) membutuhkan 160 hektar hingga tahun 2061. Perkiraan nilai investasinya secara keseluruhan mencapai Rp 4,7 triliun.

Baca juga: Ada 12.209 Kendaraan Kurang Saldo E-Toll, Jasa Marga Imbau Pemudik Pastikan Kecukupan Saldo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com