Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Berangkatkan Bus Arus Balik Mudik Gratis dari 8 Terminal

Kompas.com - 28/04/2023, 20:14 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melepas keberangkatan sebanyak 126 bus balik gratis pada Jumat (28/4/2023). Hal itu dilakukan di 8 kota yakni Surabaya, Madiun, Wonogiri, Solo, D.I. Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, dan Cirebon.

Total sebanyak 5.544 orang untuk arus balik telah diberangkatkan untuk kembali ke Jabodetabek.

Selain itu, sebanyak 15 truk digunakan mengangkut 450 unit motor khusus untuk program balik gratis ini yang telah diberangkatkan sehari sebelumnya pada Kamis (27/4) kemarin.

“Keberangkatan masyarakat peserta mudik gratis ini kami lepas dari 8 terminal,” ujar Direktur Angkutan Jalan Suharto yang melepas rombongan dari Terminal Tirtonadi seperti yang dikutip Kompas.com lewat siaran resminya, Jumat (28/4/2023).

Baca juga: Waspada Lonjakan Arus Balik di Akhir Pekan

Dalam sambutannya pada kegiatan tersebut, Suharto berharap kegiatan mudik maupun balik gratis dengan bus yang diselenggarakan Kemenhub dapat menambah kebahagiaan dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

“Saya juga berharap saudara sekalian dapat tetap mematuhi protokol kesehatan agar setibanya di Jakarta dapat beraktivitas kembali,” kata Suharto.

Arus balik mudik gratis ini merupakan bagian dari rangkaian keseluruhan kegiatan mudik gratis dari Kemenhub.

Sebelumnya, pemberangkatan penumpang mudik gratis telah dilakukan pada tanggal 18-19 April 2023 dari 5 terminal di Jabodetabek dengan menyediakan sarana angkutan bus dan truk pengangkut sepeda motor.

Baca juga: Kontrak Berakhir 2041, Freeport Sudah Ajukan Perpanjangan Izin Operasi

Di waktu yang sama, juga dilakukan pelepasan mudik gratis di Terminal Giwangan Yogyakarta oleh Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Popik Montanasyah dan di Terminal Purboyo Madiun oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Amirulloh.

Sementara itu, Direktur Prasarana Transportasi Jalan Popik Montanasyah ketika melepas keberangkatan bus di Terminal Giwangan Yogyakarta mengatakan, dengan menyediakan sarana angkutan bus dan truk pengangkut sepeda motor diharapkan kegiatan ini berjalan dengan aman dan berkesan bagi masyarakat sebagaimana tema mudik tahun ini yaitu Mudik Aman Berkesan.

Baca juga: Lonjakan Arus Balik Diprediksi Terjadi hingga Akhir Pekan Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com