Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balik Mudik Gratis, 3.175 Orang Kembali ke Jakarta Naik Kapal

Kompas.com - 29/04/2023, 07:55 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Ditjen Perhubungan Laut memberangkatkan 3.175 pemudik kembali ke Jakarta yang ikut dalam program balik mudik gratis sepeda motor. Para pemudik itu diberangkatkan dengan dua tahap.

Pada tahap pertama 1.083 pemudik dengan 481 unit sepeda motor diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menggunakan kapal KM Dobonsolo yang dioperatori PT Pelni pada Selasa (25/4/2023).

Begitu pula pada tahap kedua, Kemenhub memberangkatkan sebanyak 2.092 pemudik dengan 847 unit sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Emas ke Pelabuhan Tanjung Priok menggunakan kapal KM Dobonsolo pada Jumat (28/4/2023).

Baca juga: Kemenhub Berangkatkan Bus Arus Balik Mudik Gratis dari 8 Terminal

Staf Ahli Menhub Bidang Kawasan dan Lingkungan Hidup, Antoni Arif Priadi mengatakan, pemberangkatan pemudik kembali ke Jakarta tersebut, menjadi perjalanan terakhir pada penyelenggaraan mudik gratis sepeda motor dengan kapal di tahun ini.

Menurutnya, hingga saat ini program mudik dan balik gratis via kapal laut yang disediakan pemerintah telah berjalan dengan baik.

"Alhamdullilah, penyelenggaraan angkutan mudik dan angkutan balik gratis sepeda motor dengan kapal telah berjalan lancar dan sukses," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (28/4/2023).

Baca juga: Waspada Lonjakan Arus Balik di Akhir Pekan


Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno menambahkan, program balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal telah membantu mengurangi kepadatan lalu lintas jalan raya yang akan kembali ke Jakarta.

Selain itu, balik mudik dengan kapal juga dinilai lebih aman dan nyaman sebab pemudik bisa menikmati fasilitas yang disediakan. Seperti fasilitas makan dua kali, asuransi, pengobatan, serta hiburan di atas kapal.

"Progam ini sangat membantu dalam mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya selama Lebaran. Dengan naik kapal, mereka (pemudik) bisa istirahat di dalam kapal, sehingga setelah sampai bisa melanjutkan perjalanan ke kota tujuan masing-masing," kata Sumarno.

Baca juga: Lonjakan Arus Balik Diprediksi Terjadi hingga Akhir Pekan Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com