Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penumpang KA dari Jakarta Naik 20 Persen Selama Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 03/05/2023, 07:14 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat jumlah pemudik yang berangkat dari Jakarta selama periode mudik Lebaran 2023 (12 April sampai 3 Mei 2023) sebanyak 750.000 penumpang.

Angka ini didapat dari jumlah penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) yang berangkat dari Area Daop 1 Jakarta melalui Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, dari jumlah penumpang berangkat selama 22 hari tersebut, sebanyak 460.000 penumpang berangkat menggunakan KA dengan keberangkatan awal dari stasiun Pasar Senen dan 290.000 lainya penumpang berangkat menggunakan KAJJ keberangkatan awal dari Stasiun Gambir.

Baca juga: Arus Balik Lebaran H+7, Sudah 89,3 Persen Kendaraan Kembali ke Jabotabek

"Jumlah tersebut meningkat hingga 20 persen jika dibandingkan realisasi volume pada tahun 2022," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (2/5/2023).

Adapun peningkatan volume penumpang berangkat menggunakan KAJJ di wilayah Daop 1 pada masa angkutan lebaran mulai terjadi sejak 14 April 2023 dengan rata-rata volume penumpang berangkat sekitar 40.000-43.000.

Eva mengungkapkan, pada periode ini mayoritas pemesanan tiket KAJJ dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni 14-24 April 2023.

Baca juga: Sebut Puncak Arus Balik Lancar, Menhub: Kecepatan Kendaraan Lebih Baik dari Tahun Lalu


Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut, tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90-100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi atau puncak arus mudik tercatat pada tanggal 18-23 April di mana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk pada tanggal tersebut mencapai 100 persen.

"Sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung," ucapnya.

Kendati demikian, menurutnya, secara keseluruhan situasi arus mudik dan arus balik dari area Daop 1 Jakarta terpantau lancar dan kondusif serta seluruh perjalanan KA berlangsung lancar, aman, selamat, dan tepat waktu.

Baca juga: Update Arus Balik Hari Ini, 44.000 Penumpang Kereta Kembali ke Jakarta

Selama periode tersebut, secara total PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan 1.513 perjalanan KAJJ untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan PasarSenen. Dari jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan KA Tambahan sebanyak 303 KA untuk sejumlah relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya, dan Malang.

Selain melakukan persiapan melalui penambahan perjalanan KA serta memastikan keandalan sarana yang beroperasi, Daop 1 Jakarta juga menambah sejumlah fasilitas di Stasiun seperti kursi tunggu, meja pemeriksaan tiket, penyediaan air minum isi ulang hingga area bermain anak. Sejumlah fasilitas toilet dan area ibadah juga diperbaharui seperti yang dilakukan di Stasiun Pasar Senen dan Gambir.

Baca juga: Arus Balik, Jasa Marga Terapkan Buka Tutup Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek

Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan petugas pelayanan seperti Customer Service Mobile (CSM) yang disiapkan untuk membantu calon penumpang yang membutuhkan informasi serta mengatur alur penumpang agar tidak terjadi kepadatan di satu titik tertentu.

Dari sisi keamanan dan keselamatan, Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Kerjasama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat. Penempatan alat material untuk siaga (AMUS) juga dilakukan di 19 titik untuk mempercepat penanganan jika terjadi kondisi kendala operasional.

"Sejumlah petugas prasarana juga ditempatkan dibeberapa area daerah pengawasan khusus untuk memantau jika ada kondisi yang perlu diantisipasi terkait keselamatan dan keamanan," kata dia.

Baca juga: Pemasangan Jaringan Listrik Atas Kereta Cepat Sudah 80 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com