Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kiprah Pilar Usaha Sinar Mas Menggandeng UMKM dan Memberdayakan Masyarakat

Kompas.com - 03/05/2023, 16:54 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.omSinar Mas terus memperkuat komitmennya dalam menjalin kemitraan strategis dengan masyarakat dan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di berbagai daerah.

Salah satu upaya itu dilakukan melalui serangkaian program dan inisiatif sosialnya sebagai wujud corporate social responsibility (CSR).

Sebagai entitas yang bergerak di berbagai sektor, komitmen Sinar Mas tercermin dari sejumlah program pada sektor-sektor utama, yakni ekonomi, lingkungan, infrastruktur, hingga pendidikan.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat terus memberikan dampak positif dalam pemberdayaan masyarakat dan pembangunan daerah.

Salah satunya adalah inisiatif salah satu pilar usaha Sinar Mas, yakni PT Smartfren Telecom, Tbk (Smartfren) yang mendukung penuh pertumbuhan dan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan cara memberikan pelatihan digital bagi para pelaku usaha di Indonesia.

Baca juga: Lewat SiDu, APP Sinar Mas Gelar Program Ayo Menulis untuk Tingkatkan Literasi

Pada sebuah kesempatan, Smartfren berkolaborasi dengan Indofood memberikan pelatihan digital di Kantor Kelurahan Ciketingudik, Bekasi, Jawa Barat, Februari silam (15/2/2023).

Beberapa materi pelatihan yang diberikan, meliputi pola pikir digitalisasi, strategi memulai bisnis digital, hingga perkembangan digitalpreneur yang berlangsung menggandeng Teman Kreasi dan Smartfren Community.

Head of Community Development Smartfren Dani Akhyar menyebutan, Smartfren dan Indofood mempunyai visi yang sama dalam upaya memperkuat UMKM di Indonesia.

“Melalui kolaborasi ini, kami ingin mengajak teman-teman pelaku usaha lokal untuk naik level dengan menerapkan digitalisasi agar membuka lebih banyak peluang baru,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (3/5/2023).

Smartfren berkolaborasi dengan Indofood saat memberikan pelatihan kewirausahaan digital kepada usaha-usaha lokal di Ciketingudik, Bekasi. Dengan harapan dapat memperkuat dasar yang diperlukan oleh para pengusaha lokal untuk bertransformasi serta mengadopsi digitalisasi. Pelatihan ini melibatkan usaha-usaha lokal yang bergerak di bidang kuliner dan kriya.
DOK. Humas Sinar Mas Smartfren berkolaborasi dengan Indofood saat memberikan pelatihan kewirausahaan digital kepada usaha-usaha lokal di Ciketingudik, Bekasi. Dengan harapan dapat memperkuat dasar yang diperlukan oleh para pengusaha lokal untuk bertransformasi serta mengadopsi digitalisasi. Pelatihan ini melibatkan usaha-usaha lokal yang bergerak di bidang kuliner dan kriya.

Dani mencontohkan, digitalisasi dapat membuka peluang baru karena jangkauan penjualan yang menjadi lebih luas dan operasional yang lebih efisien.

Baca juga: APP Sinar Mas Konsisten Terapkan Transformasi Digital untuk Perkembangan Industry Pulp yang Berkelanjutan

Selain kolaborasi, Smartfren juga menjalankan berbagai inisiatif melalui Smartfren Community untuk meningkatkan keterampilan digital masyarakat.

Salah satu dari program tersebut adalah Teman Kreasi yang bertujuan membantu UMKM mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital.

Ada pula program Teman Pintar yang memberikan literasi digital dan pelatihan konten digital kepada siswa di SMP, SMA, dan perguruan tinggi.

Tak hanya itu, dihadirkan pula program Bunda Pintar yang berfokus pada literasi dan pelatihan digital untuk perempuan.

Fokus utama pelatihan untuk mendorong peserta berinovasi dalam pengembangan bisnis yang berkelanjutan, merancang perencanaan bisnis dan memahami standar operasional untuk pemula dalam UMKM, serta memberikan panduan untuk membuat konten pemasaran melalui pemanfaatan media sosial.

Baca juga: Lewat Eka Tjipta Foundation, Sinar Mas Dukung Revitalisasi 10 SMK di Jateng

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com