Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menaker: Banyak Alumni Magang RI Berhasil Jadi Pengusaha hingga Ketua DPRD

Kompas.com - 03/05/2023, 18:50 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, banyak alumni pemagangan ke Jepang yang sukses menjadi pengusaha sekembalinya ke Indonesia.

Hal itu dia sampaikan ketika menemui para pemagang di Jepang, Rabu (3/5/2023). Mereka pun membentuk Ikatan Pengusaha Kenshusei Indonesia (Ikapeksi). Ikapeksi sendiri saat ini memiliki anggota lebih dari 5.000 peserta.

"Saya sungguh bangga, ternyata peserta pemagangan tidak hanya melahirkan tenaga-tenaga kerja yang kompeten, ternyata juga melahirkan enterpreneur, pengusaha-pengusaha muda yang sukses," kata Menaker Ida Fauziyah dalam keterangan resmi.

Baca juga: Jepang Berikan Subsidi Kepada Program Peserta Magang RI

Selain menjadi pengusaha, lanjut Ida, alumni pemagangan Jepang juga dapat masuk di ruang politik, di mana salah satunya telah menjadi Ketua DRPD.

"Saya harus siap-siap, jangan-jangan sebentar lagi menteri ketenagakerjaan adalah mantan peserta magang di Jepang," ucap Menaker.

Kata Ida, Indonesia akan memasuki era bonus demografi, di mana penduduk usia produktif mendominasi jumlah penduduk Indonesia.

Dia pun meminta peserta untuk memanfaatkan waktu pemagangan di Jepang dengan sebaik mungkin, sehingga dapat mempersiapkan diri menuju puncak bonus demografi.

Baca juga: Sepanjang 2022, Perusahaan Jepang di RI Serap Ribuan Pekerja Magang

“Jadi Indonesia maju itu ada di pundak adik-adik semua. Pulang dari sini, adik-adik punya keterampilan baru, kompetensi baru, bahkan pulang dari sini menjadi pengusaha sukses," tuturnya.

Menteri dari politisi PKB ini pun berpesan agar selalu menjaga nama baik bangsa, negara, keluarga, dan almamater, serta menghindari perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

"Adik-adik juga bisa menjadi duta bangsa, yang membawa nama bangsa Indonesia baik di negeri Jepang ini," pesan Menaker Ida Fauziyah.

Baca juga: Pistol Dirut BUMN Berdikari Meletus di Bandara, Erick Thohir Pastikan Bakal Tindak Tegas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com