Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Pengeluaran Terboros Masyarakat RI selama Libur Lebaran?

Kompas.com - 04/05/2023, 10:36 WIB
Muhammad Idris

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan rata-rata pengeluaran selama libur Lebaran 2023 mencapai Rp 2,7 juta per pax dari target yang sebelumnya ditetapkan sebesar Rp 1,9 juta.

“Observasi lapangan kita bahwa titik pergerakan mudik di Sumatera terdapat di Padang dan Lampung, Jawa di Jawa Tengah dan Cirebon, Sulawesi di Makassar total responden 1.045 data perolehan," beber Sandiaga dikutip dari Antara, Kamis (4/5/2023).

"Rata-rata pengeluaran selama libur Lebaran 2023 mencapai Rp 2,7 juta dari target Rp 1,9 juta (per pax),” ujar Sandiaga lagi.

Sandiaga menuturkan berdasarkan survei yang dilakukan pihaknya, pengeluaran terbesar digunakan untuk transportasi yakni sebesar 23,4 persen, akomodasi 22 persen, makan dan minum 20 persen, disusul pengeluaran cenderamata, fesyen dan kriya sebesar 14 persen.

Baca juga: Erick Thohir Marah-marah ke Direksi KAI dan Inka, Ada Apa?

Melihat pergerakan masyarakat yang luar biasa pada masa mudik dan libur Lebaran 2023 ini, Sandiaga pun merevisi potensi perputaran ekonomi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dari angka Rp 240 triliun menjadi Rp 335,3 triliun.

Sementara itu, Deputi Kebijakan Strategis Kemenparekraf Nia Niscaya menuturkan prediksi pengeluaran sebesar Rp 2,7 juta per pax ini merujuk pada prediksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang memprediksi 123 pemudik pada tahun 2023 ini.

“Jadi sementara kalau kita merujuk prediksi Kemenhub yang pergerakan sebanyak 123 juta, kita kalikan. Paling tidak kita punya angka ini, pengeluaran yang berdasarkan survei. Jadi tidak kaleng-kaleng," ujar Nia.

Di sisi lain, Kemenparekraf juga mencatat 10 besar destinasi pariwisata yang dikunjungi masyarakat selama libur Lebaran, di antaranya Malioboro-Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Ciwideuy-Jawa Barat.

Baca juga: Erick Thohir Belum Update Kasus Korupsi Dirut Waskita: Beliau Ini Tersangka karena Apa?

Berikutnya tujuan wisata Lembang-Jawa Barat, Puncak-Bogor, Borobudur-Jawa Tengah, dataran tinggi Dieng-Jawa Tengah, Pantai Pangandaran-Jawa Barat, Kebun Binatang Ragunan-DKI Jakarta, Ancol-DKI Jakarta, serta pemandian Guci Tegal-Jawa Tengah.

“Ini menunjukkan momen mudik terbukti menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi Tanah Air,” ujar Sandiaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com