Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Pelabuhan Merak, Jadwal Kapal, dan Harga Tiket

Kompas.com - 05/05/2023, 10:50 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelabuhan Merak Banten atau juga biasa disebut dengan Pelabuhan Merak Bakauheni adalah pelabuhan penyeberangan tersibuk di Indonesia. Merak merupakan penghubung antara Pulau Jawa dan Sumatera.

Pelabuhan Merak Banten adalah akses utama transportasi laut kendaraan yang menyeberang dari Lampung di Pulau Sumatera menuju ke berbagai kota di Pulau Jawa.

Saat ini, pelabuhan ini dikelola oleh PT ASDP (Persero), perusahaan pelat merah yang fokus pada bisnis kapal dan dermaga angkutan penyeberangan. Pelabuhan Merak terletak di wilayah yang masuk Kota Cilegon, Provinsi Banten.

Lantaran menghubungkan Pulau Jawa yang merupakan pusat ekonomi tersibuk di Indonesia dengan Pulau Sumatera yang juga pusat ekonomi paling sibuk kedua, menjadikan aktivitas Pelabuhan Merak Bakauheni sangat padat setiap harinya.

Baca juga: Profil Pelabuhan Ketapang, Jadwal Kapal, dan Harga Tiketnya

Bahkan, kepadatan pengguna Pelabuhan Merak Banten akan mencapai puncaknya saat musim mudik Lebaran setiap tahunnya. Pelabuhan ini juga akan dipadati kendaraan di setiap masa libur panjang.

Jadwal dan Tiket Pelabuhan Merak

Sebagaimana diketahui, ada banyak sekali trayek kapal ferry yang melayani pelayaran penyeberangan dari Pelabuhan Merak menuju ke Bakauheni di Lampung, maupun sebaliknya.

Kapal-kapal dari berbagai operator tersebut beroperasi tanpa libur selama sepekan dan 24 jam non-stop. Kecuali dalam kondisi cuaca buruk, ombak besar, dan kondisi gangguan pelayaran lainnya.

Kapal-kapal tersebut melayani penyeberangan penumpang, angkutan bus, truk, mobil, sepeda motor, hingga alat-alat berat. Dalam sekali perjalanan kapal feri penyeberangan dari Merak ke Pelabuhan Bakauheni Lampung, rata-rata memakan durasi 2 jam.

Baca juga: Profil Pelabuhan Bakauheni Lampung, Jadwal, dan Harga Tiketnya

Sementara apabila menggunakan kapal yang lebih kecil, perjalanan dari dermaga Pelabuhan Merak menuju Lampung atau sebaliknya, bisa ditempuh dalam waktu lebih singkat, yaitu sekitar 1 jam perjalanan (layanan kapal ekspress).

Untuk jadwal kapal Pelabuhan Merak, kapal berangkat setiap 1 jam sekali. Jadwal kapal selengkapnya bisa dilihat di laman resmi Ferizy yang dikelola ASDP.

Berikut info Pelabuhan Merak Bakauheni terkait dengan harta tiketnya. Di mana harga tiket kapal di Pelabuhan Merak Banten disesuaikan dengan jenis kendaraan. Kemenhub Berikut info Pelabuhan Merak Bakauheni terkait dengan harta tiketnya. Di mana harga tiket kapal di Pelabuhan Merak Banten disesuaikan dengan jenis kendaraan.

Sementara untuk harga tiket di Pelabuhan Merak Bakauheni, disesuaikan dengan penumpang, apakah berjalan kaki atau membawa kendaraan. Di mana ada beberapa penggolongan kendaraan yang dibawa ke kapal.

Sebagai catatan, untuk kendaraan seperti bus atau mobil, maka jumlah penumpang tidak dihitung, namun hanya dihitung jenis kendaraannya saja.

Baca juga: BUMN yang Dibentuk untuk Mengelola Pelabuhan di Indonesia

Berikut info Pelabuhan Merak terkait rincian harga tiket kapal penyeberangan:

1. Kelas reguler

  • Dewasa: Rp 21.600
  • Bayi: Rp 1.750
  • Kendaraan Golongan I: Rp 25.100
  • Kendaraan Golongan II: Rp 58.550
  • Kendaraan Golongan III: Rp 126.350
  • Kendaraan Golongan IVa: Rp 457.700
  • Kendaraan Golongan IVb: Rp 425.250
  • Kendaraan Golongan Va: Rp 916.250
  • Kendaraan Golongan Vb: Rp 792.750
  • Kendaraan Golongan VIa: Rp 1.516.500
  • Kendaraan Golongan VIb: Rp 1.220.000
  • Kendaraan Golongan VII: Rp 1.761.500
  • Kendaraan Golongan VIII: Rp 2.320.500
  • Kendaraan Golongan IX: Rp 3.546.500

2. Kelas ekspress

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com