Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Pendanaan Startup di Tanah Air, LandX Rebranding Jadi ICX

Kompas.com - 08/05/2023, 20:30 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan pendanaan startup atau perusahaan rintisan LandX, resmi berganti nama menjadi ICX atau Indonesia Crowdfunding Exchange pada Senin (8/5/2023). Rebranding ini diharapkan mampu mendorong penguatan pendanaan pada starup atau perusahaan rintisan di tanah air.

Romario Sumargo selaku CEO dari ICX mengatakan, sejak awal perusahaan berdiri, LandX telah berhasil mempertemukan 89.652 pemodal dengan 43 pelaku usaha terutama Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan rekor nilai investasi sebesar Rp 235 miliar dan telah membagikan dividen hingga Rp 12,3 miliar kepada para investor.

Dalam peresmian rebranding perusahaan Romario berharap pihaknya dapat terus mendorong komitmen dalam untuk berkontribusi dalam memajukan perekonomian Indonesia melalui pendanaan perusahaan rintisan.

"Tujuan kami adalah membuka akses untuk investor agar bisa berinvestasi, serta untuk para pelaku usaha untuk membangun bisnis dan ICX telah melewati perizinan yang sudah diregulasi pemerintah,” ujar Romario.

Baca juga: Perusahaan Crowdfunding LandX Rebranding Jadi ICX, Siap Bantu Pendanaan Startup Indonesia

Sementara itu, founder ICX Andika Sutoro Putra mengungkapkan, pembaruan yang dilakukan LandX menjadi ICX bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas crowdfunding, yang mana sebelumnya dilakukan untuk UKM, kedepannya akan memberikan pendanaan kepada starup maupun holding.

“Sebelumnya kita melakukan penggalangan dana usaha di sektor UKM, melalui ICX kita juga akan melakukan penggalangan dana usaha untuk perusahaan rintisan dan juga holdings”, ujar Andika.

Andika menambahkan, melalui peresmian tersebut diharapkan dapat membuka peluang bagi investor untuk mendanai perusahaan rintisan atau UKM yang telah sesuai dan memiliki potensi pertumbuhan yang baik. Selain pertumbuhan dan syarat legalitas yang baik.

“ICX juga memiliki kriteria khusus dalam menentukan perusahaan rintisan. Visi dan misi yang dibawakan oleh perusahaan rintisan juga merupakan salah satu cara kami dalam memilih perusahaan yang akan mendapatkan pendanaan," tambah Andika.

Baca juga: Mengenal Sistem Permodalan PT untuk Startup


Tidak hanya fokus pada pendanaan, ICX juga berupaya memberikan dukungan dan sumber daya tambahan bagi perusahaan rintisan yang bergabung dengan platform mereka. Mencakup mentorship dari para ahli industri, peluang jaringan dengan pemangku kepentingan terkait, serta akses ke sumber daya yang diperlukan untuk pertumbuhan dan pengembangan bisnis.

“ICX terbuka dan tidak menentukan secara spesifik lingkup bisnis yang akan kami danai dan dukung. Bisa saja lingkup bisnisnya jasa, F&B, hospitality dan banyak lagi,” tegas Romario.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com