Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei IFG Progress: Gen Z Punya Persepsi Positif soal Industri Asuransi

Kompas.com - 10/05/2023, 20:14 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Riset milik holding BUMN asuransi dan penjaminan Indonesia Financial Group (IFG), IFG Progress melaporkan Gen Z memiliki persepsi positif, industri asuransi dapat memberikan proteksi.

Pandangan positif Gen Z tersebut memberikan harapan baru bagi pertumbuhan industri asuransi nasional di masa mendatang.

Head/Senior Executive Vice President IFG Progress Reza Yamora Siregar mengatakan, persepsi positif tersebut harus diimbangi dan didukung dengan pengetahuan asuransi yang memadai.

"Mengingat saat ini tingkat pengetahuan knowledge of product dan pemahaman understanding of product terhadap asuransi di kalangan Gen Z cenderung masih dalam level moderate to low," ujar dia dalam konferensi pers, Rabu (10/5/2023).

Baca juga: Apakah 2 POJK Baru soal Pembatasan Investasi Bisa Atasi Masalah Industri Asuransi?

Ia menambahkan, tingkat pemahaman terhadap produk asuransi terutama terkait jenis-jenis produk dan manfaat masih sangat rendah.

Sedangkan, pengetahuan terkait konsep dasar dan prinsip dasar asuransi, hak dan kewajiban pemegang polis, serta risiko memegang polis asuransi cenderung moderat.

Walaupun demikian, sikap dan persepsi responden terhadap asuransi tergolong sangat baik, yang dapat menjadi oportunitas untuk industri dapat memanfaatkan kondisi tersebut.

"Gen Z menjadi harapan baru bagi industri asuransi ke depan, dengan catatan perlu terus melakukan upaya pengembangan literasi untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka," ucap dia.

Temuan tersebut merupakan temuan dari riset bertajuk IFG Progress Insurance Literacy Survey, yang dilakukan IFG Progress pada periode Oktober hingga Desember tahun 2022.

Riset tersebut menyasar 532 responden dengan rentang usia 18-25 tahun, terdiri atas mahasiswa tingkat sarjana (S-1) dan pascasarjana (S-2) yang berasal dari empat universitas.

Temuan dari IFG Progress tersebut akan dibahas oleh para pelaku industri asuransi, akademia, dan pemangku kepentingan industri asuransi pada helatan Konferensi Nasional IFG 2023.

IFG akan menyelenggarakan konferensi tingkat nasional yang bertujuan untuk memberikan kontribusi, pemikiran dan masukan untuk pengembangan industri asuransi ke depan.

Konferensi Nasional IFG tersebut akan berlangsung satu hari penuh pada Selasa 16 Mei 2023.

Baca juga: IFG Holding Cetak Laba Bersih Rp 4 Triliun Tahun 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com