Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di KTT ASEAN, Indonesia dan Malaysia Sepakat Perkuat Perdagangan Kelapa Sawit dan Karet

Kompas.com - 10/05/2023, 22:00 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sepakat untuk memperkuat kerja sama terkait perdagangan komoditas kelapa sawit dan karet dengan Malaysia.

Kesepakatan tersebut dicapai dalam pertemuan bilateral di sela rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42, Rabu (10/5/2023) hari ini.

Kerja sama antara kedua belah pihak itu dibahas langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dengan Menteri Investasi, Perdagangan, dan Industri Malaysia Tengku Zafrul Aziz.

Airlangga mengatakan, upaya penguatan kerja sama bilateral terus dilakukan Indonesia guna mendorong ekspor dan mendukung perekonomian nasional.

"(Indonesia dan Malaysia) sepakat untuk saling mendukung dalam kebijakan dan negosiasi yang menyangkut ekspor komoditas kelapa sawit dan turunannya," ujar dia, dalam keterangannya, Rabu.

Baca juga: 53 Awak Kapal Patroli KPLP Bantu Amankan Gelaran KTT ASEAN di Labuan Bajo

Kedua negara belakangan memang aktif melakukan pembahasan terkait penguatan perdagangan komoditas kelapa sawit di kancah internasional.

Pada Februari lalu, Airlangga sudah bertemu dengan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Perkebunan dan Komoditas Malaysia YAB Dato' Sri Haji Fadillah bin Haji Yusof untuk membahas kerja sama untuk mengatasi diskriminasi kelapa sawit.

"Serta meningkatkan kerja sama dalam kerangka Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) dalam waktu dekat," katanya.

Baca juga: Buka KTT ASEAN 2023, Jokowi Ingatkan Rivalitas Semakin Tajam


Sebagai informasi, kelapa sawit merupakan salah satu komoditas utama yang mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan berkontribusi sebesar 0,04 persen dari pertumbuhan PDB nasional pada kuartal pertama 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com