Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Pertemuan ASEAN MTWG, RI Dukung Program Dekarbonisasi

Kompas.com - 11/05/2023, 16:42 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyatakan dukungan untuk Shipping Decarbonisation Program dalam Pertemuan ke-44 ASEAN Maritime Transport Working Group (MTWG) yang digelar di Da Nang, Vietnam pada 9-11 Mei 2023.

Delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Kawasan dan Lingkungan Perhubungan, Antoni Arif Priadi ikut terlibat dalam pembahasan agenda penting yang perlu ditindaklanjuti oleh Pemerintah Indonesia, antara lain terkait dengan dekarbonisasi dan lingkungan maritim.

“Indonesia memandang International Maritime Organization (IMO) memainkan peran yang penting dalam mengoordinasikan kerja sama maritim antar negara anggotanya," ujarnya melalui siaran pers, Kamis (11/5/2023).

Baca juga: KMP Royce 1 Terbakar, Kemenhub Kerahkan Kapal Patroli untuk Lakukan Evakuasi

"Untuk itu, kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Sekjen IMO atas kerja keras dan dedikasinya bagi perbaikan sektor maritim global serta kontribusinya dalam meningkatkan kerja sama di bawah kerangka IMO, khususnya di bidang lingkungan dan iklim maritim,” sambung Antoni.

Dalam pertemuan itu, Sekretaris Jenderal International Maritime Organization (IMO) Kitack Lim meminta agar Indonesia meningkatkan peran aktifnya dalam Shipping Decarbonisation Program yang akan ditetapkan dalam siding IMO – MEPC pada Juli 2023.

Indonesia memiliki pandangan yang sama dengan IMO terhadap dekarbonisasi. Selain itu, Indonesia juga berharap strategi dekarbonisasi akan memberikan manfaat kembali kepada anggota IMO untuk mendukung atau mengisi kesenjangan antara negara anggota yang berkembang dan maju.

Baca juga: 53 Awak Kapal Patroli KPLP Bantu Amankan Gelaran KTT ASEAN di Labuan Bajo

Antoni mengatakan, strategi dekarbonisasi harus mempertimbangkan keragaman negara anggota seperti negara kepulauan, selat tersibuk, serta hal lain yang dicerminkan oleh besarnya arus lalu lintas laut di wilayah tersebut.

Pada pertemuan ASEAN MTWG ke-44 ini, negara-negara ASEAN diminta untuk menyampaikan informasi terbaru tentang mekanisme koordinasi nasional antara infrastruktur di pelabuhan dan jalan untuk akses yang lebih baik ke pelabuhan.

“Terkait hal ini, Indonesia menyampaikan Daftar Proyek Strategis Nasional Tahun 2022 di bidang transportasi laut, diantaranya pengembagan Pelabuhan Patimban, New Makassar Port dan Benoa untuk mendukung Bali Maritime Tourism Hub,” kata Antoni.

Baca juga: KTT ASEAN Ke-42, Kemenhub Siapkan Kapal KM Sinabung untuk Akomodasi Terapung

Selain itu, ada pembahasan terkait dengan rute lintas penyeberangan Bitung-Davao/Gensan serta presentasi tentang Inaportnet serta menyampaikan usulan dan kemajuan kerja sama di bidang transportasi, termasuk kerja sama peningkatan capacity building yang telah dilakukan IMO, Jepang, China dan Korea Selatan yang juga hadir pada pertemuan tersebut.

"Melalui ASEAN MTWG, negara-negara Anggota ASEAN akan menjalin kerja sama dengan mitra dialog seperti Cina, Jepang, dan Republik Korea, serta mitra internasional seperti Organisasi Maritim Internasional (IMO) mengenai kepentingan bersama untuk meningkatkan konektivitas, efisiensi, keselamatan, dan keberlanjutan dalam sektor transportasi laut," ujar Antoni.

Baca juga: Kemenhub Tegur Pengelola Bandara Kualanamu Usai Insiden Wanita Tewas Terjatuh dari Lift

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com