Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Produk Pertamina "Smooth Fluid" Makin Diminati untuk Pengeboran Migas

Kompas.com - 15/05/2023, 09:58 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Inovasi Pertamina yakni Smooth Fluid (SF) makin diminati Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) untuk pengeboran minyak dan gas (migas). Terakhir, inovasi ini digunakan di Blok Pangkah yang dimiliki oleh PGN Saka.

Region Manager Corporate Sales PT Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Barat (JBB) Arif Rahman mengatakan, produk Pertamina produksi dalam negeri ini terbukti dapat bersaing dengan produk impor serta memiliki kandungan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) yang tinggi, dari 75 persen (SF-05) hingga 95 persen (SF-02).

Produk ini digunakan sebagai Base Fluid yang merupakan Komponen Utama lumpur pengeboran berbasis minyak (oil base mud) digunakan oleh perusahaan K3S dalam melakukan pengeboran minyak atau gas.

Baca juga: Produksi WK Pangkah PGN Saka Lampaui Target APBN 2022

Produk ini juga memiliki kestabilan dan Rheology yang sangat baik dan juga yang terpenting ramah terhadap lingkungan dengan kandungan aromatik dan sulfur yang sangat rendah.

"Penyaluran Produk ke PGN Saka merupakan bentuk nyata semakin kuatnya Kolaborasi antar Subholding di Pertamina mulai dari di Produksi di Kilang Pertamina Internasional, di pasarkan Pertamina Patra Niaga sampai dengan di gunakan di Hulu yaitu saat ini di PGN Saka Blok Pangkah," kata Arif melalui keterangannya, Senin (15/5/2023).

Secara teknis, penyaluran perdana Pertamina SF ini dilakukan Petrochemical Industry Business PT Pertamina Patra Niaga tim Corporate Sales Region Jawa Bagian Barat (JBB) melalui distributornya PT Sukses Abadi Petrokimia (SAPETRO) kepada mud services yang melayani PGN Saka yaitu PT COSL Indonesia.

"Pertamina saat ini juga telah mengembangkan produk SF-04 produksi Kilang Cilacap dan Produk SF-02 produksi Kilang Dumai untuk lebih mendekatkan produk Smooth Fluid ke Pelanggan KKKS guna mendukung kegiatan hulu migas di Indonesia,” tambah Arif.

Baca juga: 6 Kepala Daerah Teken PI 10 Persen Hasil Pengelolaan Migas Blok Tuban dan Blok Brantas

Pengiriman Pertamina Smooth Fluid di Tuban

Pengiriman yang diterima oleh PT COSL Indonesia di warehouse plant Tuban telah berhasil disalurkan sebanyak 1.580 Barrels dan masih akan bertambah seiring baru dimulainya pengeboran lepas pantai tersebut.

Penyaluran Smooth Fluid di Tuban ini dihadiri oleh Gatot Prasetyo Ginting sebagai perwakilan COSL Indonesia, Faisal Rahman (Key Account Special Chemical) dan M. Yosa Ario Sadewo (Sales Branch Manager Petrochemical I) dari Pertamina Patra Niaga, serta Niko Atmaja (Direktur Utama PT Sukses Abadi Petrokimia (SAPETRO).

"Produk yang baik ini akan terus berkembang seiring dengan peningkatan kemampuan produksi Smooth Fluid Series dari PT. Kilang Pertamina Internasional," tambah Niko Atmaja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com