Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Kementerian PUPR soal Lokasi Bandara VIP di IKN

Kompas.com - 16/05/2023, 07:34 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan, lokasi pembangunan bandara VIP di Ibu Kota Negara (IKN) yakni di dekat Jembatan Pulau Balang, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Sebagai informasi, Jembatan Pulau Balang merupakan penghubung antara Balikpapan dan Penajam Paser. Adapun Penajam Paser Utara merupakan lokasi proyek IKN.

"Lokasinya untuk bandara VIP adalah yang di daerah area dekat Jembatan Pulau Balang, sebelah bawahnya, itu lokasinya," ujar Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga saat wawancara virtual dengan media, Senin (15/5/2023).

Baca juga: Kepala Otorita: Pembangunan Mal di IKN akan Dimulai pada 2024

Dia bilang, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR tengah mempersiapkan lahan untuk membangun bandara VIP di IKN ini dan sedang dalam tahap pembersihan, pembongkaran tanah, dan lain-lain.

"Tindak lanjutnya mungkin masih dibicarakan bagaimana pelaksanaan penyiapan. tapi udah persiapan pembersihan, istilahnya secara teknis adalah clearing and grubbing," ucapnya.

Namun, dia tidak menjelaskan lebih lanjut berapa total luas tanah yang disiapkan untuk pembangunan Bandar VIP di IKN ini. "Kalau besaran dan sebagainya belum kira-kira," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah berencana membangun bandara VIP di IKN pada Mei atau Juni 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan bandara yang terletak sekitar 15-10 kilometer dari IKN ini sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

Saat ini Kementerian Perhubungan bersama Kementerian PUPR telah melakukan pembahasan dan akan mencari kontraktor utnuk membangun bandara VIP di IKN.

"Saya sudah melapor juga bapak Presiden tentang bahwa bandara VIP di IKN itu akan kita bangun. Insya Allah pada bulan Mei atau Juni sudah bisa efektif," ujarnya, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/3/2023).

Pembangunan bandara VIP dan berbagai infrastruktur di IKN lainnya tentu akan membutuhkan dana yang cukup besar.

Baca juga: Ini Sederet Fasilitas dan Benefit untuk ASN yang Mutasi ke IKN Tahun Depan

Oleh karena itu, pemerintah telah beberapa kali melakukan penjajakan dengan investor luar negeri, seperti India, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Jepang.

Dia mengungkapkan, investor-investor asing ini sangat berminat tapi masih belum dapat merealisasikan investasinya lantaran perlu melakukan penilaian investasi terhadap proyek-proyek di IKN.

"Bandara juga sebenarnya bisa saja kita awal melakukan investasi, setelah itu investor itu masuk di dalamnya berapa persen seperti di Kualanamu," ucapnya.

Sebagai informasi, pembangunan bandara VIP di IKN akan mempertimbangkan aspek keamanan sehingga letaknya pun di luar kawasan inti IKN dan akan terintegrasi dengan moda transportasi modern yang dikhususkan untuk tamu VIP, termasuk keperluan militer.

Baca juga: Bandara VIP di IKN Mulai Dibangun Mei atau Juni 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com