Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Perusahaan Sehat Kunci Pekerja Akurat

Kompas.com - 16/05/2023, 17:42 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Memiliki perusahaan yang sehat adalah hal yang diinginkan setiap pekerja. Lingkungan bekerja yang tidak toksik bisa meningkatkan kinerja hingga akhirnya berpengaruh terhadap performa perusahaan.

Itulah mengapa Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN Persero, bertekad mengubah lingkungan kerja yang terukur dan penuh dedikasi demi peningkatan kualitas layanan pelanggan.

Baca juga: Menerapkan Bisnis yang Berorientasi Manusia

Dalam perbincangannya bersama Wisnu Nugroho, Pemimpin Redaksi Kompas.com, dalam siniar Beginu episode “Perusahaan Sehat Demi Pelayanan Tepat” dengan tautan dik.si/BeginuDarmawan1, pria ini pun menjelaskan bagaimana proses perubahan itu terjadi.

Indikator Perusahaan yang Sehat

Melansir Expert Base, menurut psikolog dan konsultan Robert H. Rosen, Ph.D., ada 13 faktor yang dapat membentuk kultur perusahaan yang sehat.

  1. Komunikasi terbuka antarpekerja
  2. Keterlibatan pekerja dalam setiap kesempatan
  3. Pembelajaran dan peningkatan kemampuan pekerja
  4. Menghargai pekerja
  5. Memberikan keadilan kepada para pekerja terhadap ketentuan perusahaan
  6. Menghargai kinerja para pekerja
  7. Memberikan keamanan ekonomi bagi pekerja
  8. Teknologi yang berpusat pada manusia
  9. Lingkungan kerja yang meningkatkan kesehatan fisik dan psikologis
  10. Lingkungan kerja yang bermakna menciptakan pekerjaan yang menarik, kreatif, beragam
  11. Keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan
  12. Tanggung jawab kepada masyarakat
  13. Perlindungan lingkungan dengan mengedepankan praktik yang ramah lingkungan

Kiat Membangun Perusahaan yang Sehat

Mengutip Forbes, ada beberapa kiat untuk membangun kultur perusahaan yang sehat. Sebab, meskipun dulu lingkungan perusahaan bukan berada pada situasi yang baik, ternyata perubahan ini bisa dilakukan.

Pertama adalah membangun kepercayaan sebagai kunci utama menggaet para pekerja. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan tanggung jawab kepada seorang pekerja untuk memegang suatu proyek. Apabila ia melakukan kesalahan, perusahaan tak serta-merta menyalahkan usahanya.

Kedua adalah membangun komunikasi yang baik karena komunikasi merupakan landasan dari lingkungan kerja yang sehat dan efektif. Untuk memulai komunikasi, buatlah pertemuan dalam satu minggu untuk berdiskusi seputar pekerjaan.

Selain itu, tanyakan kendala yang mungkin dialami oleh anggota tim.

Ketiga, yaitu mampu memberdayakan anggota tim. Dalam suatu divisi, anggota tim adalah kunci untuk menjalankan pekerjaan. Itu sebabnya, seorang pemimpin harus bisa memahami anggota timnya sebelum memberikan pekerjaan.

Baca juga: Pentingnya Talenta sebagai Kekuatan Diri

Pemberdayaan ini bisa dilakukan dengan membina komunikasi yang baik dengan cara memberikan apresiasi saat mereka berhasil. Di samping itu, jika mengalami kegagalan, pemimpin harus bisa memahami dan memberikan motivasi agar mereka bisa kembali bangkit.

Kelima adalah menawarkan insentif. Memberikan insentif atau tunjangan kepada pekerja bisa meningkatkan kepuasan mereka. Selain itu, pekerja juga merasa aman dan nyaman saat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berisiko.

Lantas, bagaimana usaha Darmawan untuk mengubah kultur perusahaan yang toksik menjadi asyik?

Temukan jawabannya melalui perbincangan lengkap Darmawan Prasodjo dan Wisnu Nugroho dalam siniar Beginu episode “Perusahaan Sehat Demi Pelayanan Tepat” dengan tautan dik.si/BeginuDarmawan1 di Spotify.

Di sana, ada banyak kisah dari para tokoh inspiratif yang mampu memberikan perspektif baru untuk hidupmu. Tunggu apalagi? Yuk, ikuti siniar Beginu dan akses playlist-nya di YouTube Medio by KG Media agar kalian tak tertinggal tiap ada episode terbarunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com