Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Perusahaan Power China Gandeng MPX Logistics International Garap Smelter Amman Mineral di NTB

Kompas.com - 22/05/2023, 17:35 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan jasa transportasi infrastuktur dan perdagangan material PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) akan bergabung dalam pembangunan Smelter Amman Mineral di Kabupaten Sumbawa Barat Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur MPX Logistics International Susanto mengatakan, pihaknya digandeng langsung oleh Sinohydro-Nem Consortium atau anak perusahaan Power China dalam pembangunan smelter ini.

Dalam kerja sama tersebut, MPXL mendapatkan kontrak jasa pengangkutan dan pemasok material terutama semen curah tipe OPC dan tipe V di project Smelter Aman Mineral Sumbawa dengan kapasitas total 100.000 ton.

Baca juga: Jokowi Izinkan Freeport dan Amman Ekspor Tembaga hingga Mei 2024

Sebelumnya, perseroan telah mendapatkan kontrak jasa penyewaan mobil Dumptruk. Saat ini mobil sumptruk tersebut sedang beroperasi di project Smelter Amman Mineral.

“Kontrak yang sudah kami tanda tangani ini akan berlaku untuk 18 bulan ke depan, di harapkan dengan adanya project di Sumbawa ini MPXL dapat bekerja sama dengan perusahaan yang ada di Indonesia Bagian Timur lainnya," ujar dia dalam keterangan resmi, Senin (22/5/2023).

Baca juga: Amman Mineral Operasikan PLTS 26,8 MW, Targetkan Kurangi Emisi CO2 hingga 40.000 Ton Per Tahun


Susanto menambahkan, MPXL juga sedang bekerja sama dengan kontraktor baching plant yang ada di Provinsi Lampung.

MPXL memiliki peran untuk membantu pengiriman semen curah untuk perbaikan dan pengecoran jalan-jalan yang rusak.

"MPXL tidak hanya menyediakan jasa angkutan ataupun sebagai pemasok material, tapi juga sebagai mitra transportasi pengangkut abu batu bara pembangkit listrik (PLTU) yang ada," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com