Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

24 Unit Pesawat Disiapkan untuk Terbangkan Jemaah Haji Tahun Ini

Kompas.com - 26/05/2023, 20:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyiapkan 24 unit armada pesawat dari dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines untuk menerbangkan 221.000 jemaah haji ke Arab Saudi pada tahun ini.

Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Putu Eka Cahyadi mengatakan, total armada Garuda Indonesia sebanyak 14 unit dan Saudi Arabian Airlines 10 unit yang dilaksanakan dengan sistem rotasi pesawat.

"Angkutan udara untuk haji itu bersifat niaga tidak berjadwal. Jadi ini adalah penerbangan yang memang di carter oleh pemerintah Indonesia dari Kementerian Agama selaku leading sektornya yang bertanggung jawab," ujarnya dalam media briefing di Gedung Kemenhub, Jakarta, Jumat (26/5/2023).

Baca juga: Pemberangkatan Haji Dimulai Hari Ini, Menhub Pastikan Layanan Penerbangan Haji Lancar

Ia memastikan, puluhan unit armada pesawat tersebut telah dilakukan pemeriksaan dokumen kelaikudaraan pesawat udara.

Adapun 14 unit pesawat Garuda Indonesia bakal diberangkatkan dari 9 bandara embarkasi yang berlokasi di Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, dan Lombok.

Sedangkan 10 unit pesawat Saudi Arabian Airlines bakal terbang dari 5 bandara embarkasi yang berlokasi di Batam, Palembang, Jakarta, Kertajati, dan Surabaya.

Secara rinci, bandara tersebut yakni Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Internasional Kualanamu (Medan), Bandara Internasional Hang Nadim (Batam), Bandara Internasional Minangkabau (Padang), dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Jakarta).

Baca juga: Bandara Internasional Juanda Beroperasi 24 Jam Selama Musim Haji

Lalu Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Internasional Adi Soemarmo (Solo), Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (Balikpapan), dan Bandara Syamsuddin Noor (Banjarmasin).

Bandara Internasional Kertajati (Jawa Barat), Bandara Internasional Juanda (Surabaya), Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (Makassar), serta Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (Lombok).

Sementara itu, Direktur Kelaikan dan Pengoperasian Pesawat Udara (KPPU), M Mauludin memastikan, bahwa kloter pertama keberangkatan haji menggunakan Saudi Arabian Airlines dilakukan pada Minggu (28/5/2023).

"Insya Allah hari Minggu, kloter pertama dari Saudi Arlines berangkat dari Kertajati," kata dia.

Adapun menurut data Kemenhub, Saudi Arabian Airlines diasumsikan bakal menerbangkan 235 kloter jemaah haji tahun ini.

Baca juga: AP II Siapkan 6 Bandara untuk Embarkasi Haji, Ini Jadwal Keberangkatan Perdana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com