Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online lewat Tokopedia

Kompas.com - 27/05/2023, 13:13 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cara bayar pajak kendaraan bermotor (PKB) saat ini semakin mudah. Masyarakat yang ingin bayar pajak mobil atau motor secara online, bisa melalui aplikasi Tokopedia.  

Meski begitu, untuk bayar pajak kendaraan bermotor secara online di Tokopedia, pemilik kendaraan harus melakukan registrasi di aplikasi SIGNAL terlebih dahulu untuk mendapatkan kode bayar. 

SIGNAL (Samsat Digital Nasional) merupakan serangkaian layanan Samsat yang terdiri atas pelayanan pengesahan STNK tahunan, pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB), dan pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ).

Baca juga: Faktor-faktor Penyebab Kelangkaan dan Dampaknya

Aplikasi SIGNAL memanfaatkan database kendaraan bermotor yang dimiliki Polri serta database induk kependudukan yang ada di Dirjen Dukcapil Kemendagri, serta sistem informasi pajak kendaraan bermotor yang dikelola oleh tiap-tiap Bapenda Provinsi.

Sistem ini diintegrasikan secara nasional sebagai sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) dengan memakai aplikasi untuk menyelenggarakan pelayanan secara digital kepada masyarakat.

Sistem pada SIGNAL memungkinkan untuk dilakukan verifikasi identitas pemilik kendaraan bermotor dengan mencocokkan wajah (face matching) pemilik kendaraan bermotor sesuai dengan data e-KTP di Kemendagri.

Baca juga: Pasca-akuisisi, JP Morgan PHK 1.000 Karyawan First Republic Bank

Cara bayar pajak kendaraan secara online di Tokopedia setelah mendapat kode bayar dari aplikasi SIGNAL atau aplikasi Samsat masing-masing daerahKOMPAS.com/SRI LESTARI Cara bayar pajak kendaraan secara online di Tokopedia setelah mendapat kode bayar dari aplikasi SIGNAL atau aplikasi Samsat masing-masing daerah

Lalu bagaimana cara bayar pajak kendaraan bermotor secara online di Tokopedia? 

Sebelum bayar pajak kendaraan bermotor di Tokopedia, pemilik kendaraan harus mendapatkan kode bayar dari aplikasi SIGNAL. 

Adapun cara penggunaan aplikasi SIGNAL mulai dari registrasi akun, memasukkan data kendaraan, hingga mendapatkan kode bayar bisa dilihat di sini

Cara bayar pajak kendaraan online via Tokopedia

Setelah berhasil mendapatkan kode bayar, berikut tahapan-tahapan atau cara bayar pajak kendaraan secara online lewat Tokopedia sebagaimana dikutip dari laman resminya: 

  • Buka laman Tokopedia Samsat Online (https://www.tokopedia.com/pajak/samsat/signal/).
  • Masukan kode bayar yang Anda dapatkan dari aplikasi SIGNAL.
  • Klik tombol Beli/Bayar. Selanjutnya, akan muncul detail Tagihan SIGNAL yang harus Anda bayar. Kemudian klik tombol "Lanjut".
  • Terakhir, pilih metode pembayaran melalui internet banking, kartu kredit, atau metode pembayaran instan seperti e-Pay BRI, Mandiri Clickpay, Klik BCA. Anda juga bisa bayar langsung di Alfamart atau Indomaret. 
  • Setelah pembayaran berhasil, silakan cek aplikasi SIGNAL untuk pengaturan pengiriman Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP).
  • Maksimal 30 hari untuk tukarkan struk dengan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD).

Baca juga: Alasan Pemeriksaan Dokumen Jamaah Haji Dilakukan di Bandara Kertajati

Selain itu, membayar pajak kendaraan juga bisa dilakukan melalui fitur E-Samsat online di Tokopedia. Berikut langkah-langkahnya:

  • Ketik "Samsat" di kolom pencarian Tokopedia, lalu pilih "Loket Pajak Tokopedia".
  • Kemudian pilih "E-Samsat".
  • Pilih wilayah dan masukkan kode bayar (yang bisa didapatkan dari aplikasi Samsat masing-masing daerah atau via SMS ke Dispenda Samsat).
  • Klik "Cek Tagihan" dan pilih metode pembayaran.
  • Pengguna akan mendapatkan struk via email untuk ditukarkan ke SKPD di layanan Samsat daerah masing-masing.

Baca juga: Kursi Kereta Api Kelas Ekonomi Diubah, KAI Buka Kemungkinan Ada Penyesuaian Tarif

Demikian informasi seputar cara bayar pajak kendaraan secara online di Tokopedia setelah mendapat kode bayar dari aplikasi SIGNAL atau aplikasi Samsat masing-masing daerah.

Cara bayar pajak kendaraan secara online di Tokopedia setelah mendapat kode bayar dari aplikasi SIGNAL atau aplikasi Samsat masing-masing daerahwebsite Samsat Digital Cara bayar pajak kendaraan secara online di Tokopedia setelah mendapat kode bayar dari aplikasi SIGNAL atau aplikasi Samsat masing-masing daerah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com