Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Pentingnya Partisipasi Masyarakat Awasi Pendistribusian BBM Subsidi

Kompas.com - 28/05/2023, 19:55 WIB
Hotria Mariana

Penulis


KOMPAS.com – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengajak masyarakat untuk turut serta mengawasi pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi agar tepat sasaran.

Hal itu disampaikan Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Yapit Sapta Putra dalam kegiatan Sinergi antara BPH Migas bersama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di Institut Teknologi Batam, Kepulauan Riau, Minggu, (28/5/2023).

“Pengawasan BBM subsidi ini merupakan hal paling penting agar manfaatnya dirasakan masyarakat yang berhak,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu.

Ia pun berharap, sinergi antara BPH Migas dan DPR RI dapat terjalin dengan baik dan berkelanjutan. Tujuannya, agar dapat menghasilkan produk-produk bermanfaat bagi rakyat Indonesia secara keseluruhan.

Baca juga: BPH Migas Minta Badan Usaha Bantu Jaga Pasokan dan Kualitas BBM

“Forum ini merupakan momentum untuk mendorong berbagai pihak turut serta mengawasi penyediaan dan pendistribusian BBM, terutama yang bersubsidi,” imbuhnya.

Hal senada turut disampaikan Sales Branch Manager Rayon 2 Pertamina Patra Niaga Kepulauan Riau Fadlan. Ia mengungkapkan, pihaknya telah melakukan berbagai hal untuk menjaga penyaluran BBM agar sesuai dengan ketentuan.

"(Kami telah melakukan) koordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) dan pihak berwajib, serta pengawasan kepada lembaga penyalur," jelasnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI Asman Abnur mengapresiasi BPH Migas atas sinergi yang dapat terlaksana dengan baik.

Baca juga: BPH Migas Gandeng DPR dan Masyarakat Awasi Penyaluran BBM Bersubsidi

“Mudah-mudahan memberikan manfaat kepada kawan-kawan yang ada di Batam ataupun Kepulauan Riau,” harapnya.

Selain nama di atas, turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid dan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi dan Sumber Daya Mineral Kota Batam Gustian Riau dalam kegiatan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com