Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBMA Bakal Tebar Dividen 31 Persen dari Laba Bersih 2022, Senilai Rp 1,3 Miliar

Kompas.com - 29/05/2023, 12:29 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk (SBMA) menyetujui penggunaan laba bersih tahun 2022 sebagai dividen tunai senilai Rp 1,3 miliar yang setara dengan 31 persen dari perolehan laba bersih tahun 2022.

“Menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp 1,3 miliar dengan jumlah saham yang beredar 9292,9 juta lembar saham. Dividen ini setara dengan 31 persen laba tahun 2022 sebesar Rp 4,48 miliar,” kata Manajemen SBMA dalam keterangan resminya, Senin (29/5/2023).

Perusahaan yang bergerak memproduksi gas industri seperti Acetylene, Oxygen dan Nitrogen ini juga mencatatkan ekuitas perseroan yang relatif sehat dengan pertumbuhan 2 persen menjadi Rp 211,07 miliar di tahun 2022, dibandingkan tahun sebelumnya Rp 205,61 miliar.

Baca juga: SBMA Catat Pertumbuhan Pendapatan Menjadi Rp 26,5 Miliar

Adapun nilai dividen per saham SBMA adalah senilai Rp 1,5 per saham. Dividen ini akan dibagikan kepada pemegang saham perseroan yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada tanggal 9 Juni 2023 pukul 16.00 WIB. Adapun jadwal pembagian dividen pada tanggal 16 Juni 2023.

Sementara itu, cum date atau cum dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi pada 7 Juni, ex dividen di pasar reguler dan negosiasi pada 8 Juni, cum dividen di pasar tunai pada 9 Juni, dan ex dividen di pasar tunai pada 12 Juni.

Baca juga: Lima Emiten Bakal Bayarkan Dividen Akhir Mei Ini, Ada TOWR, INCO, EXCL

RUPST juga menyetujui pengunduran diri Cintia Kasmiranti dari Direktur Perseroan dan digantikan oleh Ingo Steil sebagai Direktur Perseroan, dengan masa jabatan mengikuti sisa masa jabatan Perseroan saat ini. Direksi yaitu sampai dengan RUPS Tahunan tahun buku 2025.

Selain perubahan susunan direksi, SBMA juga mengumumkan perubahan Corporate Secretary dari Cintia Kasmiranti menjadi Dwi Irma Anjalita efektif per 25 Mei 2023. Perseroan berharap, dengan perubahan kinerja perusahaan dapat berkembang bahkan lebih baik.

Baca juga: Catat, 5 Emiten Ini Cum Date Ahir Mei 2023, Ada BRIS, MIKA, IDEA


Adapun susunan anggota Direksi Perseroan yang baru:

Direktur Utama : Rini Dwiyanti

Wakil Direktur Utama : Welly Sumanteri

Direktur Operasi : Iwan Sanyoto

Direktur Keuangan : Ingo Steil

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com