Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garap Bisnis KPR Syariah, Bank Hijra Bidik Pembiayaan Tembus Rp 100 Miliar di 2023

Kompas.com - 29/05/2023, 16:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Perekonomian Rakyat Syariah (BPRS) Hijra Alami atau Hijra Bank membidik pertumbuhan bisnis kredit pemilikan rumah (KPR) sepanjang 2023.

CEO Alami Group dan Co-Founder Bank Hijra Dima Djani mengatakan, perusahaan menargetkan pembiayaan KPR akan mencapai Rp 100 miliar tahun ini. Sedikit catatan, sebagian saham Bank Hijra dimiliki oleh perusahaan fintech lending syariah Alami.

"Tahun ini kami mungkin grand launch di second half. Harapannya bisa di atas Rp 100 miliar. Targetnya akan di-scale tahun depan," ujar dia dalam Diskusi Media: Kinerja Hijra Bank dan Potensi Transformasi Digital Keuangan Syariah di Indonesia, Senin (29/5/2023).

Baca juga: Perbankan Syariah Dinilai Masih Tiru Bisnis Perbankan Konvensional

Ia menambahkan, proses digitalisasi menjadi hal yang krusial dalam mencapai target tersebut. Untuk itu, pihaknya akan memastikan digitalisasi akan membuat sistem jadi end-to-end.

Produk KPR Bank Hijra juga akan terus dikembangkan secara digital. Hal ini demi mendorong service level aggrement (SLA) yang lebih cepat.

Selain itu, Hijra Bank juga akan mengembangkan fitur KPR Syariah dengan akad ijaran Muntahiyah Bittamlik (IMBT). Akad yang sering disebut rentu to own tersebut diharapkan dapat memperluas cakupan bisnis.

Baca juga: Erick Thohir Tunjuk Direktur Baru PTDI

"Kebanyakan KPR biasanya untuk fix income earners, tapi mungkin dengan skema rent to own bisa menyasar orang freelance untuk menikmati. Itu inovasi di seputar industri real estate dan properti," urai dia.

Sepanjang 2022, Dima menerangkan, Hijra Bank telah menghimpun dana pihak ketiga (DPK) mencapai lebih dari Rp 100 miliar, atau tumbuh 220 persen. Hijra Bank menargetkan DPK dapat tumbuh sampai Rp 300-500 miliar pada 2023.

Untuk itu, pihaknya akan mendorong digital banking seperti layanan KPR Syariah.

"Harapannya DPK naik, orang taruh dan bayar cicilan ke kami," tandas dia.

Sebagai informasi, Hijra Bank merupakan transformasi dari BPRS Cempaka Al-Amin yang diakuisisi oleh Alami Group pada Maret 2021.

Baca juga: Kereta Ekonomi Bersolek, Harga Tiket Berpotensi Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com