Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Searce Dukung Perkembangan Teknologi "Cloud" dan IT untuk Bisnis "Startup" RI

Kompas.com - 30/05/2023, 17:26 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan konsultan teknologi modern Searce terus mendukung perkembangan teknologi komputasi awan (cloud computing), kecerdasan buatan (AI) dan information technology (IT), terutama untuk bisnis perusahaan rintisan (startup) di Indonesia.

Searce sendiri merupakan perusahaan konsultan teknologi modern yang membantu klien memanfaatkan teknologi penyimpanan digital (cloud), Artificial Intelligence (AI), dan analitik. Perusahaan global ini hadir di RI sejak 2018 untuk membantu mendorong perusahan-perusahan bergerak ke arah digital dengan mengadopsi cloud serta melakukan transformasi digital.

"Kami tidak membatasi apakah klien kami harus dari perusahaan besar saja ataupun UMKM saja, perusahaan swasta maupun pemerintah," ujar Sherly Nyolanda, Associate Director, Marketing, Searce Asia Pacific melalui keterangannya, Selasa (30/5/2023).

"Sektor industri yang kami anggap memiliki potensi yang cukup besar adalah Digital Natives Industry (dimana perusahan-perusahaan tersebut lahir dan besar di era digital), tetapi potensi yang sama dapat juga dilihat pada sektor-sektor traditional seperti bank, manufaktur, minyak dan gas, yang juga mau melakukan transformasi digital di dalam organisasi mereka," lanjutnya.

Baca juga: Kembangkan Bisnis Cloud Kitchen, Legit Group Raih Pendanaan Seri A Rp 205,3 Miliar

Tantangan bisnis startup RI

Sebuah data memperkiraan bahwa perusahaan unicorn menghabiskan 5 juta dollar AS sampai 25 juta dollar AS per tahun untuk infrastruktur cloud. Pasar e-commerce di Indonesia sendiri diperkirakan mencapai 44 miliar dollar AS pada tahun lalu.

Untuk menjawab tantangan pasar tersebut, Searce memiliki tim tersendiri untuk klien startup dimana market ini memiliki memiliki masalah berbeda, misalnya mereka ingin dengan cepat di dalam membuat infrastruktur, membangun solusi, menjangkau ribuan pelanggan atau jutaan pengguna dalam beberapa bulan.

Searce juga memiliki tim tersendiri untuk segmen perusahaan yang bisa membantu mengubah cara kerja dan bertransformasi.

Baca juga: Berlomba dengan AI

Sherly bilang, digitalisasi dalam dunia usaha, terutama penggunaan teknologi komputasi awan (cloud computing) dan kecerdasan buatan (artificial intelligent/AI), akan terus meluas.

Diperkirakan, untuk 10 tahun ke depan pertumbuhan bisnis ini akan meningkat lebih dari 100 persen (yoy).

"Bermodalkan pengalaman di dunia konsultan teknologi informasi, Searce siap membuka potensi sebenarnya dari cloud dan AI di perusahaan saat ini dan membangun bisnis yang lebih cerdas di Indonesia," katanya.

Baca juga: Perbankan Dinilai Perlu Gunakan Cloud

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com