Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Strategi Jitu Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Kompas.com - 31/05/2023, 07:15 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mempersiapkan dana pendidikan membutuhkan strategi agar tujuan keuangan tercapai. Pasalnya, dana pendidikan terus mengalami peningkatan dan akan bertambah mahal setiap jenjangnya.

Perencana Keuangan Head Advisory & Investment PINA Rista Zwestika mengatakan, perencanaan dana pendidikan perlu dilakukan sejak dini.

"Dengan memulai sejak dini, seseorang memliki lebih banyak waktu untuk mengumpulkan dana yang cukup. Mengatur rencana keuangan jangka pajang dan berinvestasi secara teratur dapat membantu mencapai tujuan pendidikan," ujar dia kepada Kompas.com, Selasa (30/5/2023).

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Asuransi Pendidikan Anak dan Tips Memilihnya

Lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa strategi keuangan untuk merancang dana pendidikan.

1. Tentukan Tujuan Keuangan

Tentukan dengan jelas tujuan pendidikan anak. Hitung perkiraan biaya pendidikan di masa depan, termasuk biaya kuliah, buku, biaya hidup, dan lain-lain.

Dengan mengetahui jumlah yang harus dikumpulkan, masyarakat dapat membuat rencana keuangan yang lebih terarah.

2. Buat Anggaran

Buat anggaran keluarga yang mencakup alokasi khusus untuk dana pendidikan anak. Prioritaskan pengeluaran dan hindari pemborosan.

Dengan mengontrol pengeluaran sehari-hari, masyarakat dapat mengalokasikan lebih banyak dana untuk tabungan pendidikan anak.

Baca juga: Pentingnya Persiapan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini


3. Manfaatkan Program Pendidikan

Cari tahu apakah ada program pendidikan pemerintah atau lembaga keuangan yang dapat membantu mengumpulkan dana pendidikan anak.

Beberapa negara tujuan pendidikan memiliki program pendidikan khusus, seperti rencana tabungan pendidikan, yang menawarkan insentif atau pengurangan pajak.

4. Diversifikasi Investasi

Jika seseorang memilih untuk berinvestasi untuk mengumpulkan dana pendidikan anak, penting untuk melakukan diversifikasi portofolio. Jangan hanya mengandalkan satu jenis investasi.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com