Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Jadwal KRL Jabodetabek Mulai 1 Juni 2023

Kompas.com - 31/05/2023, 13:44 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jadwal KRL Jabodetabek mengalami perubahan mulai 1 Juni 2023 lantaran terdapat pergantian Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) dari Gapeka 2021 menjadi Gapeka 2023.

Sebagai informasi, Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Pergantian pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api ini tentu berdampak pada pola operasional kereta api.

Dengan demikian mulai besok banyak operasional kereta api yang mengalami perubahan, termasuk jadwal KRL Jabodetabek. Oleh karenanya, pengguna KRL Jabodetabek perlu mengetahui jadwal KRL Jabodetabek 1 Juni 2023.

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Terbaru KRL Rute Solo-Yogyakarta per 1 Juni

Adapun informasi mengenai link jadwal KRL Jabodetabek 1 Juni 2023 akan dibagikan pada akhir artikel ini.

Pada link jadwal KRL Jabodetabek tersebut meliputi jadwal Commuter Line Bogor tujuan Jakarta Kota dan Nambo/Bogor, jadwal Commuter Line Bekasi tujuan Kampung Bandan-Bekasi/Cikarang, jadwal Commuter Line Rangkasbitung tujuan Tanah Abang dan Rangkasbitung, jadwal Commuter Line Tangerang tujuan Duri dan Tangerang, jadwal Commuter Line Tanjung Priok tujuan Tanjung Priok dan Jakarta Kota.

Namun sebelum mengetahui jadwal KRL Jabodetabek terbaru, ada baiknya mengetahui apa saja perubahan operasional pada KRL Jabodetabek mulai 1 Juni mendatang.

Perubahan Jadwal KRL Jabodetabek

Mulai 1 Juni 2023, jumlah perjalanan KRL bertambah dari 1.081 perjalanan per hari menjadi 1.133 perjalanan per hari mulai 1 Juni 2023.

Rincian jumlah perjalanan masing-masing rute sebagai berikut, Commuter Line Bogor 420 perjalanan per hari, Commuter Line Cikarang 282 perjalanan per hari, Commuter Line Rangkasbitung 221 perjalanan per hari, Commuter Line Tangerang 124 perjalanan per hari, dan Commuter Line Tanjung Priok 86 perjalanan per hari.

Di luar itu, PT KAI Commuter (KCI) akan mengoperasikan feeder-feeder jika terjadi kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai.

Adapun penambahan perjalanan terjadi pada Commuter Line Bogor, pada lintas Depok-Manggarai/Jakarta Kota, KCI akan menambahan frekuensi perjalanan pada jam sibuk pagi mulai pukul 04.00-08.00 WIB yaitu sebanyak 2 perjalanan menjadi 50 perjalanan dengan headway 5 menit.

Baca juga: Gapeka 2023 Diberlakukan 1 Juni, Ini Dampaknya ke Perjalanan KRL Jabodetabek

Sedangkan untuk perjalanan pada lintas Jakarta Kota-Nambo/Bogor pada jam sibuk sore mulai pukul 15.00-20.00 WIB akan ditambah 1 perjalanan menjadi 52 perjalanan dengan headway rata-rata selama 5 menit

Untuk mengantisipasi pengguna yang transit di Stasiun Manggarai ke arah Sudirman/Tanah Abang/Duri di jam sibuk pagi, KAI Commuter menambah 13 perjalanan pada lintas Manggarai-Kampung Bandan menjadi 33 perjalanan.

Sedangkan untuk pelayanan pengguna yang transit di Stasiun Manggarai dari arah Duri/Tanah Abang/Sudirman di jam sibuk sore, ditambah 17 perjalanan menjadi 40 perjalanan pada lintas Kampung Bandan-Manggarai.

Dengan adanya penambahan jumlah perjalanan tersebut, jadwal KRL Jabodetabek menjadi berubah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com