Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Dirut Garuda Indonesia soal Pesawat Rute Manado-Jakarta Harus Kembali ke Bandara Asal

Kompas.com - 31/05/2023, 19:50 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat Garuda Indonesia bernomor GA 607 dengan rute Manado-Jakarta harus kembali ke bandara awal (return to base/RTB) setelah terbang dari Bandara Sam Ratulangi ke Bandara Soekarno Hatta, Rabu (31/5/2023).

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, penerbangan dengan Boeing 737-800NG itu harus kembali ke bandara asal pesawat terbang setelah diberangkatkan pada pukul 07.50 WITA.

Pasalnya, setelah pesawat lepas landas Pilot in Chief (PIC) mendapati salah satu indikator kokpit yang menyala. Hal ini menandakan adanya kondisi mesin pesawat yang memerlukan pengecekan lebih lanjut.

Baca juga: Catat Prosedur Membawa Hewan di Pesawat Garuda Indonesia

"Atas kondisi tersebut serta dengan mengedepankan aspek safety, maka PIC memutuskan untuk kembali mendarat di Bandara Sam Ratulangi, Manado untuk memastikan pesawat dapat melalui pemeriksaan secara menyeluruh," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (31/5/2023).

Dia mengungkapkan, penerbangan GA607 tersebut mendarat dengan normal saat kembali mendarat di Bandara Sam Ratulangi, sesuai dengan prosedur RTB.

Selain itu, seluruh penumpang serta awak pesawat dalam keadaan baik dan aman. Garuda Indonesia juga memastikan para penumpang yang terdampak telah mendapatkan service recovery sesuai dengan aturan yang berlaku.

Setelah kembali ke Bandara Sam Ratulangi, pesawat kembali diberangkatkan menggunakan pesawat pengganti dari Bandara Sam Ratulangi pada pukul 14.45 WITA.

"Garuda Indonesia menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang telah dialami oleh para penumpang," ucapnya.

Irfan bilang, pihaknya akan melakukan evaluasi lebih lanjut terkait dengan hal tersebut untuk memastikan komitmen peningkatan kualitas safety dan layanan penerbangan kepada para pengguna jasa senantiasa terimplementasikan secara optimal.

Baca juga: Terbesar Sepanjang Sejarah, Garuda Indonesia Catatkan Laba Bersih Rp 56,9 Triliun di 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com