Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Ungkap Dua Pesawat Asing yang Terparkir Setahun di Bandara Kertajati Milik Prancis

Kompas.com - 04/06/2023, 20:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan, identitas dua pesawat asing yang terparkir selama setahun di Bandara Kertajati adalah milik Prancis. Kini, kedua pesawat itu sudah terbang meninggalkan Indonesia menuju Amman, Jordania.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, kedua pesawat sipil Prancis itu bertipe A340-200, dengan registrasi F-HFDD dan F-HLMG. Keduanya terparkir di Bandara Kertajati sejak 10 April 2022 hingga 23 Mei 2023.

"Keberadaan kedua pesawat tersebut adalah dalam rangka pemeliharaan (maintenance) oleh GMF Aero Wisata (GMF). Perijinan diajukan oleh PT Jasa Angkasa Semesta (JAS)," ujarnya dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Minggu (4/6/2023).

Baca juga: Bandara Kertajati Resmi Layani Penerbangan Haji 2023

Ia menuturkan, pada dasarnya pemeliharaan pesawat sepenuhnya merupakan ranah perusahaan, dalam hal ini GMF, dengan skema business to business (btob) bersama pihak operator pesawat atau perwakilannya.

Setelah setahun, pada 22 Mei 2023, usai dilakukan perawatan oleh GMF, JAS pun mengajukan perizinan terbang (flight clearance) untuk kedua pesawat tersebut. Alhasil kedua pesawat itu sudah terbang meninggalkan Indonesia pada 23 Mei 2023.

Baca juga: Bandara Husein Sastranegara untuk VVIP dan Private Jet, Pemindahan Penerbangan ke Kertajati Dilakukan Bertahap

"Kedua pesawat sipil asing tersebut telah keluar dari wilayah Indonesia pada 23 Mei 2023 dengan tujuan Amman, Jordania (registrasi TZ-DTA dan TZ-DTC) setelah memperoleh persetujuan flight clearance sesuai ketentuan yang berlaku," jelas Adita.

Sebelumya, sorotan mengenai dua pesawat yang terparkir di Bandara Kertajati tersebut diungkapkan oleh akun Twitter @BabakTaghvaee1.

Menutur narasi pada akun tersebut, kedua dua pesawat itu bertipe Airbus A340-212 bekas Angkatan Udara Prancis yang beroperasi hingga 2020. Pesawat asing itu sempat dikaitkan mengenai sanksi Amerika Serikat terhadap Iran.

Baca juga: Pesawat Kargo Terbesar di Dunia Mendarat di Bandara Kertajati, Apa Muatannya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com