Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INDONESIA TERHUBUNG

Mau Dapat Cuan Lebih? Yuk, Berjualan Online

Kompas.com - 07/06/2023, 10:15 WIB
Anissa DW,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Di era digital, peluang untuk menghasilkan uang dengan memanfaatkan internet terbuka lebar. Benefit ini tak hanya untuk masyarakat perkotaan, penduduk di pelosok daerah sekalipun juga berpeluang sama untuk meraih keuntungan hingga jutaan rupiah dengan memanfaatkan internet dan sumber daya di sekitarnya.

Adapun sumber daya alam di sekitar kawasan tempat tinggal mereka pada dasarnya dapat diolah menjadi produk jadi yang layak dijual secara online, baik melalui platform marketplace maupun media sosial (medsos), seperti Facebook, Instagram, dan TikTok.

Contohnya, petani di wilayah yang kaya akan buah-buahan dapat memanfaatkan peluang bisnis dengan berjualan online untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. Dengan kreativitas, mereka juga dapat meningkatkan pendapatan dengan berjualan makanan khas berbahan dasar buah.

Manfaat berjualan online bagi masyarakat di pelosok Indonesia

Berjualan online sendiri memiliki banyak manfaat, terutama bagi masyarakat di pelosok Indonesia yang mempunyai usaha. Salah satunya adalah memperluas pasar dan menjangkau pelanggan hingga ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri.

Semakin luas pasar penjualan, maka semakin meningkat pula keuntungan yang bisa didapatkan oleh penjual. Selain itu, berjualan online pun memiliki manfaat lain. Berikut adalah empat di antaranya.

1. Mengurangi ketergantungan pada toko fisik

Dengan berjualan online, masyarakat di pelosok daerah dapat menjual produk mereka secara langsung kepada pelanggan tanpa harus melalui perantara atau toko fisik.

2. Menghemat pengeluaran operasional

Berjualan online dapat membantu meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya operasional, baik dalam pemasaran maupun distribusi produk.

3. Mengurangi kesenjangan ekonomi

Kesenjangan ekonomi antara daerah perkotaan dan pelosok dapat dikurangi dengan memanfaatkan penjualan online.

Baca juga: Ingin Jualan Online dan Dapat Hasil Maksimal? Begini Tipsnya

Dengan menggunakan platform e-commerce, misalnya, masyarakat di pelosok dapat memiliki akses yang sama dengan masyarakat di perkotaan dalam hal pemasaran dan penjualan produk. Hal ini dapat mengurangi kesenjangan ekonomi sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pelosok.

4. Memacu inovasi dan kreativitas

Dengan berjualan online, masyarakat di pelosok dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk mereka sekaligus mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif. Hal ini dapat pula membantu meningkatkan daya saing dan membuka peluang bisnis baru di masa depan.

Manfaat internet untuk berjualan pun terbukti mampu meningkatkan pendapatan. Pemilik akun TikTok sohibcemilan, misalnya. Berdasarkan data KaloData.com, rata-rata pendapatan per hari akun tersebut sebesar Rp 115 juta.

Kemudian, ada akun TikTok Eat Sambal yang juga sukses memanfaatkan internet untuk berjualan. Masih berdasarkan data dari situs KaloData.com, akun Eat Sambal mampu menghasilkan pendapatan rata-rata per hari hingga Rp 90 juta dari satu konten TikTok.

Baca juga: 5 Tips Jualan Online agar Tidak Melanggar Hak Kekayaan Intelektual

Adapun kombinasi produk dan penyampaian melalui konten yang menarik menjadi kunci utama kesuksesan Eat Sambal meraih cuan.

Tip berjualan online melalui konten yang kreatif

Meskipun memiliki potensi besar, pelaku usaha juga perlu menerapkan strategi agar produk yang dijual secara online bisa laris dibeli. Bagi masyarakat di pelosok, misalnya, medsos dapat digunakan sebagai media yang efektif untuk mempromosikan produk dagangannya.

Terlebih, akses internet kini semakin mudah dan murah sehingga memungkinkan setiap orang yang punya minat bisnis bisa terhubung dengan pasar yang lebih luas dan menjangkau pelanggan dari berbagai daerah.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com