Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Percepat Pemulihan Ketenagakerjaan Global, Indonesia Dorong Negara-negara GNB Lakukan 3 Langkah Penting

Kompas.com - 08/06/2023, 09:31 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor mengatakan, pemerintah Indonesia mengusulkan dan mendorong negara-negara yang tergabung dalam Gerakan Non-Blok (GNB) untuk melakukan tiga langkah penting guna mempercepat pemulihan kondisi ketenagakerjaan global pascapandemi Covid-19.

Pasalnya, dampak pandemi Covid-19 masih begitu terasa, khususnya di sektor ketenagakerjaan meskipun pandemi saat ini sudah mulai teratasi.

“Adapun usulan tersebut, pertama, memulihkan dan memperkuat kerja sama multilateral yang menjunjung tinggi prinsip persatuan, dialog, dan penghormatan terhadap hukum internasional. Hanya melalui prinsip-prinsip itulah kita dapat mempersatukan masyarakat internasional,” kata Afriansyah dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (8/6/2023).

Baca juga: Bertemu Menteri dari Malaysia, Mendag Bahas Rencana Perjanjian Perdagangan Perbatasan

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam Rapat Menteri GNB di sela-sela sesi ke-111 Konferensi Perburuhan Internasional atau International Labour Conference (ILC) di Jenewa, Swiss, Rabu (7/6/2023).

Afriansyah mengatakan, usulan kedua, yaitu meningkatkan kerja sama tripartit dalam upaya pemulihan kondisi ketenagakerjaan dan membangun ekonomi yang lebih berkelanjutan.

Hal tersebut, kata dia, bisa dilakukan dengan mempercepat reskilling dan upskilling, serta menciptakan ruang untuk pembelajaran seumur hidup dan mendorong pemagangan yang berkualitas.

Baca juga: Bagikan Bansos di Kalsel, Wapres: Tanggung Jawab Pemerintah Beri Pelindungan Sosial

Ketiga, memastikan pelindungan sosial yang komprehensif dan lebih melindungi bagi pekerja rentan seperti pekerja perempuan, pekerja muda, pekerja migran, dan pekerja penyandang disabilitas,” ucap Afriansyah.

Dalam rapat tersebut, ia menekankan pentingnya penguatan Kerja Sama Selatan-selatan (KSS), agar kerja sama multilateral yang dibangun selama ini dapat menunjukkan keberhasilan.

Afriansyah juga mengatakan, Pusat Kerja Sama KSS GNB di Jakarta siap membantu penguatan kerja sama tersebut melalui beberapa program.

Baca juga: Gibran Bakal Presentasikan Pengentasan Kemiskinan di Rakernas PDI-P Juni Mendatang

Beberapa program tersebut, seperti pengentasan kemiskinan, penguatan kapasitas, dan penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Kami ingin menegaskan kembali komitmen Indonesia terhadap Gerakan Kita. Kami siap berkolaborasi dengan anggota lain dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja kita,” ujar Afriansyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com