Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bersih Kilang Pertamina Internasional Naik 597 Persen Sepanjang 2022, Cetak Rekor Tertinggi dalam 5 Tahun

Kompas.com - 10/06/2023, 11:00 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) sebagai subholding Pertamina yang mengelola bisnis refining and petrochemical (R&P)berhasil mencatatkan kinerja Keuangan yang tertinggi di tahun kelima sejak pembentukannya.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahun 2022, disampaikan EBITDA naik sebanyak 111 persen dibandingkan RKAP 2022 dan naik sebesar 194 persen dibanding tahun 2021.

Sedangkan untuk Net Profit (laba bersih) naik 163 persen dibanding RKAP 2022, dan naik sebesar 597 persen dibandingkan realisasi 2021.

”Hasil kinerja positif ini diharapkan dapat menjadi model dan pendorong semangat untuk bekerja lebih baik lagi sehingga program-progarm kerja yang tertuang dalam RKAP 2023 bisa tercapai dan terlaksana dengan baik, terutama yang terkait dengan pengembangan usaha," ujar Direktur Strategi, Portfolio dan Pengembangan Usaha Pertamina, A. Saliyadi Putra, dalam RUPS, dikutip dari siaran pers PT KPI, Sabtu (10/6/2023).

Baca juga: Ada Ledakan di Kilang Minyak Pertamina Dumai, PT KPI Minta Maaf dan Investigasi Penyebabnya

Direktur Utama PT KPI, Taufik Aditiyawarman menyampaikan, keberhasilan kinerja keuangan tersebut ditopang oleh kinerja operasional.

Kinerja operasional tersebut antara lain meningkatnya volume Intake dan Produk Kilang sebesar 6 persen di atas target, tumbuhnya produksi Petrokimia sebanyak 36 persen di atas target sebagai bisnis masa depan khususnya di Kilang Balongan, Kilang Cilacap & Kilang TPPI, serta terpenuhinya seluruh kebutuhan nasional Avtur dan Solar dari Kilang Pertamina.

Kinerja positif tersebut juga didorong oleh program optimasi kilang serta efisiensi biaya operasional yang dilakukan selama tahun 2022.

Dengan hasil tersebut, kinerja KPI tahun 2022 berhasil melampaui target yang tertinggi sepanjang PT KPI berdiri.

”Pencapaian kinerja KPI yang melampaui target ini merupakan bukti komitmen kami dalam mengembangkan bisnis refining & petrochemical sebagai satu industri energi yang menjadi tulang punggung perekonomian negara,” kata Taufik.

Baca juga: Geber Bebas Emisi Karbon, Kilang Pertamina Internasional Targetkan Total PLTS Capai 10 MWp

Ia juga melaporkan, selain kinerja operasional, di aspek tanggung jawab sosial, PT KPI telah merealisasi 63 program sesuai dengan pilar TJSL yang selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs), mencakup 15 Pencapaian SDGs dari total 17 SDGs.

Menurut dia, keseluruhan program TJSL KPI yang langsung berkenaan dengan lingkungan telah memberikan kontribusi dalam rangka mereduksi emisi karbon sebesar 77.780,37 Ton CO2eq per tahun.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com