Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Dirut AP II Kesulitan Cari Ahli Hukum Udara di Indonesia

“Kami di AP butuh hukum udara. Nyarinya bukan di kampus, (karena) enggak ada,” ujar Awaluddin di hadapan ratusan mahasiswa dalam “CEO Goes to Campus” di Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Sumedang, Senin (4/3/2019).

Setelah mencari, ia menemukan satu kandidat di Linked In. Orang tersebut asli Indonesia namun sudah ada di Belanda.

“Karena sudah di luar negeri, mikirnya panjang, dan sampai sekarang belum (bergabung),” tutur Awaluddin kepada Kompas.com.

Saat ini, AP memiliki orang yang ahli di bidang hukum udara. Mereka lulusan Unpad yang tertarik dengan hukum udara. Namun jumlah yang dibutuhkan lebih banyak.

Awaluddin menyebutkan, kisah ahli hukum udara ini hanya bagian kecil dari kebutuhan industri yang belum dioptimalkan oleh kampus sebagai pencetak SDM.

Bahkan dia melihat, di banyak kampus, jurusan Fakultas Ekonomi dari zaman dulu masih tiga yaitu studi pembangunan, manajemen, dan akuntansi.

Padahal di era 4.0, perguruan tinggi harus beradaptasi, misalnya dengan membuka jurusan digital business. Atau ketika terjadi backlog di bidang logistik, bisa dibuka digital logistic. Begitupun dengan rekayasa teknologi pertanian.

“Yang memiliki keahlian khusus di bidang tertentu masih sedikit. Untuk itu, kalau (milenial) tidak fokus di satu bidang akan sulit. Karena (saat masuk perusahaan), bidang keahliannya dianggap terlalu umum,” tuturnya.

Awaluddin mengaku, beberapa kampus besar sudah mengembangkan jurusannya dengan membuka digital business. Namun hingga kini, belum menghasilkan lulusan. Padahal kebutuhannya saat ini besar dan sangat relevan dengan kebutuhan industri.

Untuk itu ia mengajak mahasiswa untuk melakukan penelitian tentang kebandarudaraan. Ia pun menggenjot kerja sama dengan kampus agar tercipta sinergitas antara kampus dengan kebutuhan industri.

Misalnya kerja sama antara Boeing dengan Institut Teknologi California (Caltech). Para mahasiswa itu magang di tim desain Boeing.

“Output dari kerja sama itu, desain 787 Dreamliner salah satunya dari mahasiswa-mahasiswa tersebut,” ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2019/03/05/070800526/cerita-dirut-ap-ii-kesulitan-cari-ahli-hukum-udara-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke