Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rupiah Melemah 5 Hari Berturut-turut

Posisi Ini adalah posisi terlemah rupiah sejak 25 Januari 2019. Rupiah melemah dalam lima hari perdagangan berturut-turut.

Jakarta interbank spot dollar rate (Jisdor) hari ini berada di level Rp 14.146 per dollar AS, menguat tipis dari posisi kemarin pada Rp 14.149 per dollar AS.

Sejumlah sentimen negatif global ikut memengaruhi pergerakan rupiah. Semalam, AS merilis data konstruksi bulan Desember yang turun. Hal ini dikhawatirkan bisa menurunkan estimasi pertumbuhan ekonomi AS.

Pagi ini, China pun mengumumkan pemangkasan target pertumbuhan ekonomi dari 6,5 persen menjadi 6 persen tahun ini. China juga merilis sejumlah target dan stimulus untuk mendorong permintaan domestik.

Pemangkasan target dan rencana stimulus ini mengerek nilai tukar yuan terhadap dollar AS. Hanya mata uang yuan yang hari ini menguat terhadap dollar AS di kawasan Asia.

Rupiah bersama mata uang lainnya tergerus. Penurunan paling dalam tampak pada kurs peso yang melemah 0,65 persen, disusul baht 0,13 persen, dan rupee 0,13 persen.

Sementara indeks dollar mulai merangkak ke level 96,7. Indeks yang mencerminkan nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama dunia ini menguat dalam lima hari berturut-turut. (Wahyu Tri Rahmawati)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Kurs rupiah melemah lima hari berturut-turut

https://money.kompas.com/read/2019/03/05/111941626/rupiah-melemah-5-hari-berturut-turut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke