Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jumlah dan Total Kekayaan Miliarder di Dunia Merosot, Ada Apa?

Berdasarkan perhitungan terakhir Forbes, setidaknya saat ini terdapat 2.153 miliarder di dunia. Angka tersebut berkurang 55 orang dari jumlah miliarder tahun lalu. Berdasarkan catatan tersebut, setidaknya 994 orang atau sebesar 46 persennya memiliki kekayaan relatif lebih rendah dari yang mereka miliki tahun lalu.

Jika ditotal, jumlah kekayaan orang -orang super kaya tersebut mencapai 8,7 miliar dollar AS atau merosot 400 miliar dollar AS dari tahun 2018 lalu.

Adapun sebanyak 11 persen anggota miliarder terkaya yang berada di dalam daftar tahun lalu, atau setidaknya 247 orang keluar dari daftar. Angka tersebut adalah yang terbanyak sejak puncak krisis keuangan dunia pada 2009 lalu.

Forbes menilai, kawasan Asia Pasifik adalah yang paling rentan tahun lalu. Jumlah miliarder di kawasan Asia Pasifik berkurang 60 orang tahun ini jika dibandingkan dengan tahun lalu. Angka tersebut didominasi oleh China yang jumlah miliardernya berkurang 49 orang jika dibandingkan dengan 2018.

Jumlah orang kaya di Eropa, Timur Tengah dan Afrika juga tergerus lantaran pergerakan pasar yang penuh dengan ketidakpastian tahun lalu.

Sementara di benua Amerika, digerakkan dengan Brazil yang tengah kembali bangkit, juga Amerika Serikat, adalah dua wilayah yang memiliki jumlah miliarder lebih banyak dari tahun lalu.

Berdasarkan catatan Forbers, terdapat 607 orang kaya di Amerika Serikat. Sebanyak 14 miliarder di Amerika Serikat pun masuk di dalam daftar 20 orang terkaya di dunia, dengan Jeff Bezos di posisi pertama dan diikuti Bill Gates di posisi kedua.

Adapun tahun ini, terdapat 195 anggota baru yang berada di dalam daftar miliarder dunia versi Forbes, seperti founder dan co-founder Spotify Daniel Ek dan Martin Lorentzon, hingga Kylie Jenner yang sekaligus menjadi miliarder termudia di usia 21 tahun.

https://money.kompas.com/read/2019/03/06/121700426/jumlah-dan-total-kekayaan-miliarder-di-dunia-merosot-ada-apa-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke