Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hartono Bersaudara Masuk Daftar 100 Orang Terkaya di Dunia

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan data Majalah Forbes, dua orang terkaya di Indonesia masuk di dalam jajaran 100 orang terkaya di dunia.

Budi Hartono dan Michael Hartono masing-masing menduduki posisi ke-54 dan ke-56 di dalam daftar 100 orang paling kaya di dunia dengan total kekayaan 37,1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 524,75 triliun (kurs 14.000).

Jika dirinci, masing-masing kekayaan dari Hartono bersaudara adalah sebesar 18,6 miliar dollar AS untuk Budi Hartono. Jumlah tersebut setara dengan Rp 263,08 miliar dollar AS. Sementara, Michael Hartono tercatat memiliki total kekayaan mencapai 18,4 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 260,25 triliun.

Forbes mencatatkan, sumber kekayaan terbesar dari Hartono Bersaudara berasal dari investasi mereka di PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang merupakan bank swasta terbesar di Indonesia. Sebesar dua pertiga kekayaan mereka berasal dari BCA yang sahamnya mereka bali dari keluarga Salim ketika krisis melanda kawasan Asia di tahun 1997-1998.

Berawal dari warisan bisnis rokok PT Djarum yang dimulai oleh almarhum ayah mereka, Oei Wie Gwan, Hartono Bersaudara mengembangkan bisnisnya ke berbagai lini.

Perusahaan elektronik dengan merek Polytron, beberapa real estate di Jakarta termasuk Hotel Indonesia Kempinski, juga startup yang bergerak di bidang game dengan merek Razer merupakan beberapa bisnis besar yang juga dimiliki oleh duo Hartono.

Tak hanya sibuk berbisnis, Michael Hartono pun juga memiliki prestasi di bidang olah raga bridge. Prestasi terbarunya, pada ajang Asian Games 2018 lalu, Michael Hartono dan timnya berhasil menyabet medali perunggu.

https://money.kompas.com/read/2019/03/06/164500426/-hartono-bersaudara-masuk-daftar-100-orang-terkaya-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke