Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Survei: Mayoritas Investor Mata Uang Kripto adalah Milenial

JAKARTA, KOMPAS.com — Animo masyarakat Indonesia untuk berinvestasi pada cryptocurrency alias mata uang kripto menunjukkan kemajuan.

Hal ini terbukti berdasarkan hasil survei yang dilakukan Bitocto Indonesia selama periode Januari-Februari 2019.

"Data para member di Bitocto saat ini berjumlah lebih dari 18.000 orang, 70 persen di antaranya dikuasai oleh para generasi milenial. Uniknya lagi, mereka justru menetap di kota-kota kecil di Indonesia," kata Founder dan CEO Bitocto Indonesia Milken Jonathan dalam keterangannya dikutip Kompas.com, Sabtu (9/3/2019).

Milken menambahkan, dari data pihaknya kebanyakan yang berinvestasi ialah laki-laki dibandingkan perempuan, yakni 96,6 persen.

Angka yang cukup bervariatif justru ditunjukkan dari latar belakang para partisipan, yakni 10,3 persen berasal dari kalangan freelance atau pekerja lepas, 13,8 persen tidak bekerja, 24,1 persen pegawai swasta, dan sisanya 51,7 persen para pebisnis.

Metode investasi dengan cara trading masih cukup diminati di Indonesia. Sebanyak 55 persen partisipan memilih metode ini, sementara 4 persen lainnya memilih metode mining, dan sisanya sebesar 41 persen memilih menggunakan kedua metode sekaligus.

"Partisipan meyakini bahwa investasi cryptocurrency merupakan investasi yang aman serta bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang, 96,6 persen di antaranya akan merekomendasikan investasi ini kepada para koleganya," katanya.

"Alasan utama partisipan berinvestasi adalah untuk menambah pendapatan dan ingin belajar memahami kompleksitas teknologi blockchain dan manfaatnya," lanjut Milken.

Dikatakannya, selain keterlibatan milenial dalam investasi aset digital ini, kapitalisasi pasar juga merupakan salah satu komponen penting dalam membantu menunjang kesuksesan investasi.

Survei ini melibatkan 29 partisipan dari sejumlah kota di Indonesia. Sebanyak 34,5 persen di antaranya berusia 31-50 tahun, sedangkan 65,5 persen berasal dari kalangan milenial dengan kisaran usia 17-30 tahun.

https://money.kompas.com/read/2019/03/09/110000726/survei-mayoritas-investor-mata-uang-kripto-adalah-milenial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke