Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi Minta Mendag Bangun Ekosistem Online di Pasar Rakyat

"Saya minta Mendag mulai membangun ekosistem online sehingga pasar rakyat memiliki matket place dan platform untuk menyiapkan diri menuju era digital," kata Presiden Joko Widodo, Selasa (12/3/2019).

Pembangunan ekosistem online tersebut didasarkan karena telah masuknya era digital 4.0 di Indonesia. Sehingga, Indonesia harus siap menerima perkembangan tersebut.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar Mendag membangun ekosistem offline. Permintaan tersebut berdasarkan banyak pedagang yang mengeluh karena kalahnya persaingan dagang dengan pedagang online.

"Sekali lagi saya ingatkan, siapkan yang namanya ekosistem online dan siapkan ekosistem offline-nya," kata Jokowi.

Jokowi mencontohkan, di China telah banyaknya mall yang tutup karena kalahnya persaingan dengan pedagang online. Hal ini membuat khawatir banyak kalangan.

Pembangunan ekosistem online dan offline di pasar rakyat, bisa dilakukan dengan memperbaiki kemasan. Menurutnya, kemasan sangat penting agar produk-produk dalam negeri terjaga kebersihannya.

Jokowi juga meminta kerjasama para bupati dan walikota untuk menganggarkan mesin cetak kemasan di dalam anggaran APBD yang nantinya akan disebarkan ke pasar rakyat.

Selain perbaikan kemasan, branding dan labelling meliputi pemilihan warna dan tulisan juga perlu dilakukan. Tujuannya agar barang di pasaran telihat rapih dan bisa diedarkan 24 jam dalam sistem online.

Program tersebut harus dilaksanakan bersama agar menjadi sebuah kekuatan besar untuk negara dan menghasilkan omzet penjualan yang meningkat sehingga perekonomian Indonesia terus maju.

"Kalau semua sudah rapih, kita bisa menuju pasar global dan meningkatkan ekspor," ucap Jokowi.

https://money.kompas.com/read/2019/03/12/165818726/jokowi-minta-mendag-bangun-ekosistem-online-di-pasar-rakyat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke