Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Tanjung Kelayang, KEK yang Akan Diresmikan Jokowi

Selama di Bangka Belitung, kepala negara akan melakukan serangkaian kegiatan. Sesuai informasi yang diterima Kompas.com, Jokowi direncanakan meresmikan Bandara Depati Amir, Kota Pangkalpinang, dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang hari ini.

Satu hal yang menarik ialah peresmian KEK Tanjung Kelayang. Seperti apa sebenarnya wajah wisata bahari yang dikenal memiliki keunggulan geostrategis itu?

KEK Tanjung Kelayang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016 dan berlokasi di Pulau Belitung. KEK yang ditetapkan sebagai KEK pariwisata ini memiliki keunggulan geostrategis, yaitu terletak antara Indonesia dan negara di ASEAN yang merupakan target captive market.

"KEK Tanjung Kelayang yang termasuk ke dalam sepuluh destinasi pariwisata prioritas memiliki obyek wisata bahari dengan pantai berpasir putih dan panorama yang eksotis," tulis Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus pada laman resminya sebagaimana dikutip Kompas.com, Kamis (14/3/2019).

KEK Tanjung Kelayang memiliki pantai yang dihiasi batuan granit raksasa dan merupakan ciri khas pantai di kawasan ini. Kawasan ini berdekatan dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya yang juga memiliki pesona tersendiri. 

Dengan total luas wilayah 324,4 hektare, KEK Tanjung Kelayang memiliki konsep pengembangan pariwisata, yaitu “Socially and Environmentally Responsible Development and Cultural Preservation”.

"Dengan konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, KEK ini diharapkan mampu menarik investasi sebesar Rp 20 triliun hingga 2025 serta mendatangkan 59.000 wisatawan per tahun dengan nilai ekonomi Rp 751,4 miliar per tahun pada saat KEK ini sudah beroperasi penuh," demikian penjelasan itu.

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai di Kepulauan Bangka Belitung. Lokasinya berada di Kecamatan Sijuk, hanya berjarak 27 kilometer dari Tanjung Pandan yang merupakan ibu kota Kabupaten Belitung.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan akan mendukung dan memfasilitasi pendanaan bagi pengembangan KEK pariwisata mulai dari level terbawah, termasuk KEK Tanjung Kelayang.

"Kami akan bantu carikan financing, meyakinkan ke perbankan agar diberikan (fasilitas pendanaan)," kata Arief beberapa waktu lalu.

Pemerintah mendorong penguatan atraksi pariwisata untuk menarik lebih banyak investor masuk ke KEK Tanjung Kelayang. Hingga akhirnya hari ini KEK Tanjung Kelayang bakal diresmikan langsung oleh orang nomor satu di Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2019/03/14/100500026/mengenal-tanjung-kelayang-kek-yang-akan-diresmikan-jokowi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke