Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Target Investasi di KEK Tanjung Kelayang Capai Rp 10,3 Triliun

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Pemerintah terus mendorong pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sebagai upaya mempercepat pembangunan ekonomi daerah dan meningkatkan daya saing ekonomi melalui peningkatan investasi.

Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Bangka Belitung, Kamis (14/3/2019), secara resmi membuka KEK Pariwisata Tanjung Kelayang di Pulau Belitung, Bangka Belitung.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menuturkan, KEK Tanjung Kelayang dibangun di areal seluas 324 hektare dengan target investasi sebesar Rp 10,3 triliun.

"KEK Tanjung Kelayang bersama dengan KEK Bitung, Morotai, dan Maloy Batuta Trans Kalimantan Insya allah sudah dapat diresmikan pengoperasiannya,“ kata Darmin.

Darmin mengatakan, sampai saat ini sudah 12 KEK yang ditetapkan dan delapan di antaranya bertema manufaktur serta empat lain bertema pariwisata.

Adapun yang sudah resmi beroperasi ada enam KEK yaitu KEK Sei Mangkei, KEK Tanjung Lesung, KEK Palu, KEK Mandalika, KEK Galang Batang, dan KEK Arun Lhokseumawe.

”Lokasi KEK Tanjung Kelayang sangat strategis karena terletak di Pulau Belitung, secara geografis berada di antara Jakarta dan Singapura, yang diincar sebagai target captive market. Saat ini di KEK Tanjung Kelayang sudah berhasil menarik investasi dengan menghadirkan jaringan hotel internasional seperti Starwood Asia Pacific dan Accor Asia Pacific," tambah dia.

Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto menambahkan, KEK Tanjung Kelayang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 6 Tahun 2016. Selain KEK Tanjung Kelayang, saat ini Dewan Nasional tengah mengkaji dua usulan KEK yang berada diBangka Belitung, yaitu Sungailiat di Kabupaten Bangka dan Tanjung Gunung di Kabupaten Bangka Tengah.

Usulan dua KEK ini diharapkan dapat ditetapkan dalam waktu dekat.

”Untuk memberikan kemudahan bagi investor yang ingin menanamkan modal di KEK, pemerintah telah menerbitkan kebijakan Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi secara elektronik, Online Single Submission (OSS) yang juga diterapkan di KEK,” kata Enoh.

https://money.kompas.com/read/2019/03/14/161830226/target-investasi-di-kek-tanjung-kelayang-capai-rp-103-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke