Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sandiaga Sebut UMKM Solusi Penciptaan Lapangan Kerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno meyakini sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai solusi penciptaan lapangan kerja di dalam negeri.

Pasalnya, kontribusi UMKM terhadap keseluruhan jumlah unit usaha di Indonesia mencapai 99,9 persen. Namun, sebanyak 55 juta UMKM belum mendapatkan keberpihakan.

"Padahal 97 persen lapangan kerja diciptakan oleh UMKM," ujar Sandiaga dalam debat cawapres di Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Selain UMKM, industri berbasis pengolahan juga menjadi salah satu solusi yang perlu digenjot kinerjanya agar bisa meningkatkan lapangan pekerjaan.

"Jika kita mau berpihak pada penciptaan lapangan kerja melalui UMKM, 97 persen penciptaan lapangan kerja dan 60 persen PDB kita disubang oleh UMKM," ujar dia.

Sandi pun mengatakan akan membawa program Oke Oce yang telah menjadi salah satu program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menjadi salah satu cara meningkatkan kontribusi UMKM dalam peningkatan lapangan kerja.

"Program Oke Oce yang kami dorong berpihak pada UMKM karena mereka akan diberi pelatihan, pendampingan, bantuan pemasaran, kemudahan perizinan, akses keuangan baik administrasi maupun permodalan," ujar Sandi.

https://money.kompas.com/read/2019/03/17/223518426/sandiaga-sebut-umkm-solusi-penciptaan-lapangan-kerja

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke