Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cathay Pacific Bakal Caplok Maskapai Penerbangan Murah, untuk Apa?

SINGAPURA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan asal Hong Kong Cathay Pacific Ltd dikabarkan dalam tahap pembicaraan untuk membeli maskapai penerbangan murah Hong Kong Express Airways.

Nah, apa maksud aksi korporasi Cathay Pacific tersebut?

Dilansir dari Reuters, Selasa (19/3/2019), CEO Cathay Pacific Rupert Hogg pada awal pekan ini menuturkan, pihaknya meyakini maskapai penerbangan berbiaya rendah memiliki segmen pasar unik yang saat ini belum dilayani Cathay Pacific. Pada bulan ini, Cathay Pacific menyatakan dalam tahap diskusi aktif untuk mengakuisisi maskapai yang dikendalikan oleh HNA Group Co Ltd tersebut.

Akuisisi terhadap Hong Kong Express akan mendongkrak pendapatan Cathay Pacific. Selain itu, Cathay Pacific juga akan memiliki akses untuk pangsa pasar penerbangan berbiaya rendah, sehingga Cathay memiliki lini bisnis penerbangan murah sendiri.

"Ini menarik bagi kami. Kami melihat Singapore Airlines dan Scoot, kami bisa melihat mereka mencoba menciptakan konektivitas di antara keduanya," ujar Hogg dalam sebuah wawancara di Singapura.

Namun demikian, Hogg enggan mengomentari progres pembicaraan terkait akuisisi Hong Kong Express. Akan tetapi, Hogg menuturkan bahwa harga murah yang ditawarkan maskapai berbiaya rendah membantu menstimulasi permintaan perjalanan.

Rencana akuisisi tersebut muncul sejalan dengan kondisi Cathay Pacific yang menghadapi tantangan outlook pertumbuhan pendapatan.

Tarif penerbangan dan kargo yang lebih tinggi mendongkrak pendapatan Cathay Pacific sebesar 14,2 persen pada 2018. Ini menjadi pengungkit laba Cathay Pacific sebesar 300 juta dollar AS setelah sebelumnya mengalami kerugian selama dua tahun.

https://money.kompas.com/read/2019/03/19/170027126/cathay-pacific-bakal-caplok-maskapai-penerbangan-murah-untuk-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke