Salin Artikel

Indonesia Kini Punya Layanan Transhipment Internasional

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak Februari 2019, pelabuhan Tanjung Priok memiliki pelabuhan transhipment untuk kapal-kapal internasional.  

Jakarta International Container Terminal (JICT) dapat melayani kapal kapal Internasional yang akan melakukan transhipment di terminalnya. JICT juga memiliki area khusus untuk cross terminal movement bagi PT JICT dan TPK Koja.

Selama ini, Indonesia menjadi pelabuhan transhipment untuk kapal domestik yang akan mengirimkan kargonya keluar Indonesia dengan kapal asing. Namun, kini JICT resmi menjadi pelabuhan petikemas pertama di Indonesia yang dapat melakukan kegiatan transhipment internasional.

"Semua kapal dari luar Indonesia yang akan melakukan transhipment ke pelabuhan tujuan berikutnya, dapat melakukannya lewat JICT," kata Direktur Utama JICT Gunta Prabawa dalam pernyataannya, Rabu (20/3/2019).

Selain memberikan pelayanan transhipment, JICT merupakan Terminal Petikemas pertama di Indonesia yang menerima kapal-kapal direct service ke beberapa pelabuhan diAfrika, Australia, Eropa dan Amerika.

Hingga Maret 2019, JICT menerima 4 pelayaran baru yang sandar di JICT, yaitu Hyundai, SITC dan dua service baru dari CMA, yang salah satunya direct service ke Australia. 

Menurut Gunta, Layanan Transhipment Internasional akan memberikan efisiensi bagi rantai logistik di Indonesia. Bila selama ini JICT dan Pelabuhan Tanjung Priok hanya menjadi pelabuhan transhipment bagi kapal domestik dan intra Asia, maka kini JICT bisa menjadi alternatif bagi pelayaran pelayaran yang selama ini hanya bisa melakukan alih kapal di Singapura atau Malaysia.

"Sistem dan infrastruktur di JICT sudah sangat siap memulai layanan alih kapal internasional ini," sebut Gunta.

Semua ini belum selesai, JICT masih akan terus melakukan berbagai inovasi dengan tujuan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Kami ingin JICT terus memberikan yang terbaik, tidak hanya untuk Tanjung Priok tapi juga untuk Indonesia. Tutup Gunta.

https://money.kompas.com/read/2019/03/20/125339626/indonesia-kini-punya-layanan-transhipment-internasional

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.