Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perlukah Anggaran Khusus untuk Anda yang Hobi Belanja? Ini Kata Perencana Keuangan

Lalu, pentingkah mengalokasikan budget khusus untuk hobi berbelanja ini?

Perencana Keuangan Finansia Consulting Eko Endarto mengatakan, jika berbelanja menjadi bagian dari rekreasi seseorang maka menjadi penting untuk mengalokasikan budget khusus. Pengalokasian inilah yang nantinya menjadi batasan dari jumlah uang yang bisa dibelanjakan untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif.

"Kalau (belanja) bagian dari rekreasi, perlu untuk dialokasikan karena harus ada batasannya, belanja ini konsumtif, ngga ada batasannya kalau diikuti terus," ujar Eko ketika dihubungi Kompas.com, Senin (25/3/2019).

Ketika seseorang memiliki nominal angka belanja bulanan yang pasti, dia juga sudah harus tahu barang apa yang ingin dia beli. Sehingga ketika alokasi tersebut masih kurang, dia bisa menyisihkan untuk bulan berikutnya.

Eko mengatakan, tidak ada persentase khusus mengenai berapa jumlah alokasi tersebut jika dibandingkan dengan penghasilan bulanan seseorang. Yang pasti, dana khusus belanja itu sudah di luar dari kebutuhan pokok yang menjadi prioritas, seperti membayar cicilan, investasi, dan proteksi.

"Sisa dari uang itulah yang baru bisa dipakai untuk konsumsi," ujar dia.

Eko pun menegaskan untuk jangan menjadikan diskon sebagai alasan untuk berbelanja. Namun, sebaiknya, ketika seseorang ingin berbelanja suatu barang, dia sudah menetukan barang apa yang ingin dia beli, baru mencari adakah potongan harga untuk barang tersebut.

"Jangan jadikan diskon alasan untuk belanja, tapi jadikan belanja sebagai alasan mencari diskon. Jadi kalau belanja tentukan dulu apa yang mau dibeli kemudian baru nyari yang diskon yang mana, yang murah yang mana," ujar dia.

https://money.kompas.com/read/2019/03/26/090900726/perlukah-anggaran-khusus-untuk-anda-yang-hobi-belanja-ini-kata-perencana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke