Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Survei Visa: 82 Persen Masyarakat "Pede" Pergi Tanpa Bawa Uang Tunai

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar responden dari masyarakat Indonesia mengaku siap bertransaksi secara nontunai. Hal ini berdasarkan studi Consumer Payment Attitudes 2018 yang dirilis Visa.

Bahkan, kepercayaan diri mereka cukup tinggi untuk mencoba bepergian tanpa memegang uang tunai, hanya mengandalkan kartu kredit atau debit serta ponsel. Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan, saat ini semakin banyak masyarakat yang punya akses untuk pembayaran nontunai.

"Sekarang kalau ke tol enggak pakai tunai, makan di restoran sudah bisa pakai kartu atau e-wallet. Parkiran sudah bisa pakai kartu atau e-wallet. Jadi 82 persen itu pede mereka bisa survive tanpa (uang) tunai," ujar Riko dalam konferensi pers hasil riset Visa di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Kepercayaan diri masyarakat Indonesia atas transaksi nontunai juga terlihat dari keyakinan mereka bahwa dalam beberapa tahun ke depan, mereka akan semakin sering melakukan pembayaran tanpa uang fisik. Setidaknya ada 77 persen responden yang memperkirakan akan semakin sering menggunakan pembayaran nontunai dalam jangka waktu 12 bulan ke depan.

Selain itu, ada 41 persen meyakini bahwa cahsless society akan terwujud dalam tiga tahun ke depan. Hal ini merupakan suatu kemajuan dibandingkan tahun sebelumnya, di mana mayoritas responden memperkirakan masyarakat nontunai akan terwujud dalam 8-15 tahun berikutnya.

"Masyarakat semakin percaya bahwa kita akan bisa cashless society dalam kurang dari 8 tahun ke depan," kata Riko.

Riko mengatakan, ada beberapa alasan mengapa pembayaran nontunai kian digemari. Pertama, menjalani gaya hidup nontunai memudahkan masyarakat karena banyaknya opsi cara pembayar, bisa menggunakan kartu debit atau kredit, kartu nirkontak, sampai QR code.

Selain itu, konsumen juga ingin proses pembayaran yang lebih cepat dan mudah. Tak hanya itu, faktor keamanan juga menjadi salah satu alasan mereka memilih transaksi nontunai.

"Sebagian dari mereka masih khawatir keamanan informasi pribadi saat mengggunakan mobile payment. Takut hapenya hilang atau dicuri. Tapi kekhawatiran itu mulai menurun," kata Riko.

https://money.kompas.com/read/2019/03/28/143000826/survei-visa--82-persen-masyarakat-pede-pergi-tanpa-bawa-uang-tunai

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke