Salin Artikel

Tahun Ini, Visa Indonesia Luncurkan Pembayaran dengan Benda yang Melekat di Tubuh

JAKARTA, KOMPAS.com - Alat pembayaran saat ini semakin canggih. Tanpa harus gesek kartu, pembayaran bisa dilakukan hanya dengan memindai kode, bahkan menempelkan alat nirkontak dengan terminal penerima.

Visa akan mengadopsi terobosan yang sudah diterapkan negara lain ke Indonesia, yakni pembayaran dengan layanan token. Sederhananya, tokenization memungkinkan alat pembayaran dipecah ke dalam berbagai benda.

Dengan metode ini, nasabah bisa melakukan transaksi dengan berbagai alat miliknya yang melekat di tubuh, seperti cincin, dompet, kacamata, hingga jam tangan.

"Satu kartu ini bisa tokenize dipakai di 99 device," ujar Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Riko memperkirakan layanan tersebut akan resmi diluncurkan di kuartal II atau III 2019. Dengan metode token ini, nasabah tinggal menempelkan alat yang sudah dipasang chip token ke terminal pembayaran.

Dari segi keamanan, Riko memastikan layanan tersebut aman.

"Token service ini aman sekali, jauh lebih aman dari chip," kata Riko.

Jika salah satu perangkat token hilang, jangan khawatir rekening akan bobol. Sebab, alat yang digunakan untuk pembayaran itu tidak menyimpan 16 digit nomor kartu.

Sehingga, tak masalah jika perangkat hilang atau rusak. Riko mengatakan, saat ini sistem tersebut tengah dibangun di Indonesia bekerja sams dengan salah satu bank.

"Masih dikerjain sama satu bank dan e-commerce yang soon akan diluncurkan. Teknologi terbaru yang lebih aman," kata Riko.

https://money.kompas.com/read/2019/03/29/103300826/tahun-ini-visa-indonesia-luncurkan-pembayaran-dengan-benda-yang-melekat-di

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.