Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Shopee Jadi "Top of Mind" Belanja Online bagi Perempuan Indonesia

Head of HiTech and Communication Media MarkPlus Rhesa Dwi Prabowo megatakan, berbagai startegi marketing Shopee mulai dari jingle yang cenderung unik, banyak promosi menarik termasuk gratis ongkos kirim (ongkir) menjadi faktor yang mendorong Shopee menjadi top of mind pada survei yang dilakukan kepada 1.200 responden di 17 provinsi di Indonesia.

"Memang sekarang dia gencar iklan, kemarin ada Blackpink, bahkan sekarang mereka mulai mencoba untuk menggaet pasar pria dengan akan membuat konser Slank," ujar Resha di Jakarta, Kamis (4/4/2019).

Pada survei tersebut di tunjukkan, Shopee menempati posisi pertama dengan persentase 56 persen sebagai brand e-commerce yang pertama kali muncul di benak perempuan, baru disusul dengan Tokopedia dengan persentase 16,3 persen, Lazada 11,8 persen, Bukalapak dengan persentase 6,4 persen, JD.ID 2,4 persen, Blibli.com 1,9 persen dan Zalora 1,2 persen.

Namun, Shopee harus bersaing dengan toko pedia dengan masing-masing persentase 39,2 persen dan 38,2 persen untuk perempuan yang berusia 42-55 tahun.

Resha mengatakan, hal menarik lain yang menjadi keunggula Shopee dalam menarik minat pasarnya adalah gencarnya iklan mereka di TV. Hal tersebut menarik minat ibu rumah tangga yang cenderung berkegiatan di rumah pada pagi dan sore hari.

"Behaviour di desa TV masih dominan, makannya Shopee makin tinggi campaign di TV. Shopee kena iklannya, awareness naik, asosiasi free ongkir juga naik, placement iklannya pas," ujar dia.

Konsistensi Shopee dalam mengkampanyekan free ongkir menjadi salah satu faktor unggulan lain. Sebab, belum ada e-commerce yang menggunakan tagline free ongkir sekencang Shopee.

"Apalagi di desa, free ongkir menjadi penting. Karena orang desa mikirnya ongkos kirim dari kota ke desa jadi mahal," ujar dia.

https://money.kompas.com/read/2019/04/05/094200426/shopee-jadi-top-of-mind-belanja-online-bagi-perempuan-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke