Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menteri Rini: Standar Bandara Soetta Sama dengan Bandara London

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, fasilitas di Bandara Internasional Soekarno Hatta tak kalah dengan bandara-bandara di negara maju lainnya.

“Alhamdulillah standar Bandara Soetta sama dengan di London, Heathrow Airport. Saya bangga anak bangsa menyiapkan ini semua. Ini sinergi BUMN,” ujar Rini saat meresmikan sejumlah fasilitas pendukung di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat (5/4/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Rini sempat mengecek progres pembangunan runway III, taxi way, east cross dan cargo village Bandara Soekarno Hatta.

Dia juga melakukan peletakan batu bertama untuk proyek pembangunan Gedung Pelayanan Angkutan Moda Terpadu, Aksesbilitas, Revitalisasi Sub Terminal 1C dan Revitalisasi Sub Terminal 2F.

Sedangkn fasilitas penunjang Bandara Soekarno Hatta yang diresmikan Rini, yakni stasiun kereta layang terminal 1, 2 dan 3, depo kereta layang, gardu distribusi listrik, gardu induk tegangan tinggi dan pusat kendali Airport Operation Control Center Bandara Internasional Soekarno Hatta.

“Saya juga melihat kontrol APMS, kereta antar terminal, yang sdh mulai di testing line, sekarang dicoba tidak pakai driver, tapi sekarang masih pakai driver. AOCC bisa melihat aktivitas bandara, melihat penerbangan pesawat, bagasi, penumpang dan lapangan parkir,” kata Rini.

Selain itu, Rini menambahkan, PT Angkasa Pura II selaku operator sedang menambah kapasitas penumpang di terminal I dan II. Jika ditotal dengan terminal III total kapasitas penumpang sebesar 43 juta.

Namun, laju pertumbuhan penumpang saat ini sudah melebihi kapasitas. Atas dasar itu perlu dilakukan penambahan kapasitas terminal.

“Sekarang saja sudah layani 67 juta penumpang. Padahal kapasitasnya untuk 43 juta penumpang. Maknya butuh cepat revitalisasi terminal 1 dan 2,” ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2019/04/05/180458526/menteri-rini-standar-bandara-soetta-sama-dengan-bandara-london

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke