Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Survei BI: Indeks Keyakinan Konsumen Maret Turun

Demikian hasil survei konsumen yang dirilis Bank Indonesia (BI) Jumat (5/4/2019).

BI menyebut meski mengalami penurunan optimisme konsumen tetap terjaga karena masih berada di level optimistis (di atas 100).

"Optimisme konsumen yang tetap terjaga ditopang oleh persepsi konsumen terhadap kondisi saat ini yang tetap kuat dan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada enam bulan mendatang yang tetap tinggi," sebut BI dalam keterangan tertulisnya.

Meskipun ekspektasi konsumen terhadap ekonomi saat ini dinilai tetap kuat, namun angka Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) Maret 2019 mengalami penurunan dari periode sebelumnya. Pada Maret 2019 IKE berada pada posisi 108,9 sedangkan pada Februari 2019 109,4.

"Penurunan IKEdisebabkan oleh menurunnya keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama dan menurunnya ketersediaan lapangan kerja saat ini dibandingkan kondisi enam bulan yang lalu," jelas BI.

Hasil survei juga mengindikasikan bahwa tekanan kenaikan harga diperkirakan meningkat dalam 3 bulan mendatang (Juni 2019), terutama dipengaruhi oleh peningkatan permintaan barang dan jasa saat periode Idul Fitri.

Sementara itu, tekanan harga dalam 6 bulan (September 2019) mendatang diperkirakan menurun didukung oleh persepsi konsumen terhadap terjaganya pasokan barang konsumsi rumah tangga dan semakin lancarnya distribusi barang.

https://money.kompas.com/read/2019/04/05/203900626/survei-bi--indeks-keyakinan-konsumen-maret-turun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke