Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Presiden Jokowi Buka Miniatur Halal Park di Senayan

Halal Park merupakan area yang ditujukan sebagai pusat aktivitas ekonomi berbasis syariah sekaligus tempat melepas penat.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara ditunjuk sebagai koordinator pelaksana tugas pembangunan Halal Park. Sementara itu, yang membangun kawasan tersebut adalah PT Wijaya Karya (Persero) sebagai perusahaan BUMN bidang konstruksi.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa Halal Park akan menjadi gairah baru industri syariah di Indonesia.

"Kita memadukan sumber daya yang dimiliki pemerinta, BUMN, dan UMKM dalam industri halal. KIta padukan kekuatan untuk mengangkat industri halal sebagai motor ekonomi dan bidang kreativitas generasi muda kita," ujar Jokowi di GBK, Senayan, Jakarta, Selasa siang.

Jokowi mengatakan, industri halal diharapkan bisa menjadi sumber kesejahteraan umat. Belakangan ini, industri halal berkembang cukup pesat. Permintaan akan industri halal secara global meningkat 9,5 persen pada 2019, yang diproyeksikan senilai Rp 3,7 triliun dollar AS. Oleh karena itu, kata Jokowi, Indoneisa sebgaia negara dengan penduudk muslim terbesar harus memanfaatkan potensi yang ada.

"Industri wisata halal telah ditapkan sebagai leading sektornya, penggerak utama bagi industri halal. Dari sini, semua bisa ketarik," kata Jokowi.

Miniatur Halal Park merupakan bentuk pemrulaan kawasan wisata halal yang akan dibangun selanjutnya. Pemerintah butuh waktu sekitar 2 tahun untuk membangun kawasan seluas 21.000 meter persegi itu di GBK.

Konsep Halal Park yakni mengkolaborasikan desain aktivitas halal dengan budaya Nusantara. CEO dan Founder HIJUP sekaligus ketua pelaksana konsep Halal Park, Diajeng Lestari mengatakan, kawasan ini akan menjadi wadah ekosistem, di mana para pelaku industri halal bisa saling bertukar pikiran dan inovasi. Selain itu, mereka juga bisa memasarkan produknya di kawasan tersebut. Halal Park diisi dengan berbagai tenant, mulai dari moslem fashion, makanan, dan kafe.

Diajeng mengatakan, konsep halal erat kaitannya dengan kehidupan yang berkelanjutan, di mana tidak membahayakan bagi lingkungan.

"Harapannya ini jadi sejarah starting point dari Halal District untuk mengembangkan industri halal di Indonesia," kata Diajeng.

Diajueng juga berharap Halal Park ini akan menjadi contoh bagi negara-negara lain untuk mengembangkan kawasan yang sama.

"Kami harap akan menumbuhkan peluang market dan jadi pusat industri halal dunia," kata Diajeng.

https://money.kompas.com/read/2019/04/16/125428626/presiden-jokowi-buka-miniatur-halal-park-di-senayan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke