Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dua Harapan Menteri Jonan Untuk Presiden Terpilih...

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyimpan harapan besar bagi presiden terpilih dari Pemilu 2019.

Jonan mengakui bahwa ia memilih kandidat nomor urut 01 Joko Widodo dan Maruf Amin untuk Pilpres. Jika Jokowi terpilih lagi, Jonan berharap pekerjaan yang sedang ditangani saat ini maupun program yang berjalan akan terus berlanjut.

"Harapannya bisa melanjutkan pembangunan-pembangunan yang tetap berlandaskan keadilan sosial," ujar Jonan usai mencoblos di Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (7/4/2019).

Secara umum, kata Jonan, siapapun presiden terpilih nantinya harus meningkatkan pendidikan dan keterampilan vokasi bagi anak muda dan pekerja. Jonan mengatakan, negara Indonesia merupakan bangsa yang besar.

Jumlah angkatan pekerja lebih dari separuh penduduknya. Oleh karena itu, perlu diberi keterampilan dan ilmu yang mumpuni agar mampu bersaing secara global.

Apalagi belakangan muncul banyak industri baru yang mengandalkan kecanggihan teknologi dan efisiensi produksi.

"Ini tidak bisa sifatnya hanya sekolah umum harus sekolah kejuruan," kata Jonan.

Dengan terciptanya sumber daya manusia yang berketerampilan, maka bisa diserap oleh lapangan kerja di industri-industri baru. Jonan mengatakan bahwa industri seperti telekomunikasi, IT, dan yang melibatkan internet of things tengah berkembang.

Sehingga manusianya pun harus mampu menyesuaikan diri.

"Juga punya keterampilan yamg bisa bersaing dengan negara lain. Cuma dua itu harapan saya," jelas Jonan.

https://money.kompas.com/read/2019/04/17/142230826/dua-harapan-menteri-jonan-untuk-presiden-terpilih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke